Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal (Purn) Chappy Hakim menilai jatuhnya pesawat Lion Air Max 8 JT 610, akibat kitang kedisiplinan. Menurut dia kedisiplinan sangat diperlukan. Apalagi dalam dunia penerbangan.

“Harusnya dan perlu dibentuknya Mahkamah Penerbangan,” ucap dia dalam diskusi dikawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/18).

Hingga saat ini kata dia, pembentukan Mahkamah penerbangan belum juga terealisasi. Padahal, dengan adanya makhamah akan memperkecil dampak buruk dalam dunia penerbangan.

“Pesawat secanggih pun bisa terjadi kecelakaan padahal semua ahli selalu memikirkan kemungkinan kecil terjadinya kecelakaan,” imbuh dia

Kedepan dirinya mendesak pemerintah segera membuat Mahkamah penerbangan seperti yang disarankan oleh KNTK berbedapa tahun lalu.

“Kita sudah perlu adanya makamah penerbangan dan dewan keamanan penerbangan. Penerbangan itu perlu dikelola penuh dengan aturan, kalau tidak disiplin seperti itu maka kemungkinan kecelakaaan akan terjadi,” ungkapnya.

Diketahui, Pesawat Lion Air jenis Max 8 JT 610 jatuh di perairan Karawang saat akan bertolak ke Pangkal Pinang dari Bandara Soekarno Hatta pukul 6:30.[far]

Bagikan Ini :