Gambar Ilustrasi/Net

telusur.co.id- Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2018 telah sampai di Jakarta. Total, sebanyak 1.210 peserta yang telah lolos seleksi tahap pertama atau administrasi CPNS dijadwalkan mengikuti tes SKD yang berlangsung Minggu-Senin (4-5 November 2018) di Kantor Badan Kepegawaian Negera (BKN) Jakarta.

Hari ini, Minggu (4/11), Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial berkesempatan meninjau langsung tes SKD Kementerian ESDM yang diikuti 261 dari 297 peserta lolos tes administrasi. Pada kesempatan tersebut, Ego menilai penyelenggaran tes CPNS tahun ini khususnya tes SKD berlangsung dengan sangat baik, akuntabel, cepat, dan transparan.

“Saya hari ini turun langsung memantau tes SKD, saya rasa tes yang dilaksanakan ini sudah berlangsung dengan baik, cepat, dan akuntabel. Harapannya, CPNS yang akan bergabung dengan kita pada CPNS 2018 dan tahun-tahun kedepannya dapat memberikan kontribusi terbaik pada masyarakat dan negara,” ujar Ego Syahrial saat memantau tes SKD di Gedung Badan Kepegawaian Negara Pusat, Jakarta, Minggu (4/11/18), dilansir dari lama resmi ESDM.

Mengamini apa yang disampaikan Sekjen ESDM, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Upik Jamil menegaskan bahwa pelaksanaan rekruitmen CPNS di Kementerian ESDM sudah dilakukan dengan sangat transparan dan akuntabel, dengan penggunaan teknologi informasi di setiap tahapannya, bahkan nilai setiap tahapan dapat langsung dilihat oleh peserta.

Selanjutnya, Upik melaporkan, sebanyak 14,5 persen atau sebanyak 38 peserta lulus (passing grade) dalam tes SKD yang dilaksanakan siang ini. 38 peserta yang lulus passing grade tersebut terbagi atas 19 peserta formasi umum dan 19 peserta formasi cumlaude.

Nilai peserta yang lulus, pada formasi umum diperoleh nilai tertinggi sebesar 379 dan nilai terendah 333. Sementara, untuk formasi cumlaude nilai tertinggi sebesar 404 dan nilai terendah 317. Pada tes SKD, peserta diberi waktu 90 menit untuk melaksanakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).[Ham]

Bagikan Ini :