Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Faldo Maldini

telusur.co.id – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Faldo Maldini menilai, sangat tidak tepat jika pernyataan Presiden Joko Widodo terkait ‘politik genderwo’ dituduh kepada timses capres-cawapres nomor urut dua. Sebab, tim Prabowo-Sandi kerja nya sangat loyal, berpihak kepada rakyat dan ikhlas.

“Tidak cocok politik genderuwo dituduhkan ke pendukung kami, saya kira tidak lah. Kami ini politik kerja legowo,” kata Faldo kepada wartawan, Jumat (9/11/18).

Menurut dia, cawapres Sandiaga Salahuddin Uno selama ini, dalam kampanyenya ialah menggunakan tagline emapt ‘as’ yakni kerja keras, ikhlas, cerdas dan tuntas.

“Nah itu, politik kerjo legowo itu kerja ikhlas udah dari dulu dikampanyekan cawapres kami kemana-mana,” imbuhnya.

Selain itu, Sandi juga sangat sering keluar masuk kampus menyebarkan semangat positif itu. Sandi juga, kata politikus PAN ini, kerap menceritakan bagaimana dia membangun usahanya hingga memiliki karyawan puluhan ribu orang.

“Saya kira ini beliau adalah role model anak mudah saat ini. Nah daripada kita bahas genderuwo, lebih baik kita fokus caranya buat mendorong anak bangsa berkontribusi lewat kerjo legowo. Banyak lapangan kerja baru, banyak yang bisa melamar calon pasangannya dengan pede. Prabowo-Sandi kerja legowo, bukan politik genderuwo,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam acara pembagian sertifikat di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/18), Presiden Jokowi menuturkan, saat ini banyak politikus yang memengaruhi. Tetapi, tidak memiliki etika dan sopan santun.

“Coba kita lihat, politik dengan propaganda menakutkan membuat kekhawatiran, propaganda ketakutan coba,” kata Jokowi.

Usai membuat khawatir, maka politikus itu melakukan propaganda ketidakpastian. Masyarakat digiring ke sana, yang akhirnya membuat masyarakat ragu dan muncul ketakutan.

Pola politik menakut-nakuti seperti itu, menurut Jokowi, adalah cara genderuwo. Dalam pemahaman luas, genderuwo adalah hantu yang membuat masyarakat takut. (ham)

Bagikan Ini :