Dahnil Anzar Simanjuntak/Net

telusur.co.id – Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mempertanyakan maksud dari ‘politik genderuwo’ yang dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo. Dahnil menyindir, barangkali Jokowi pernah melihat genderuwo.

“Genderuwo itu bentuknya gimana sih? Saya minta tolong dijelaskan dong. Mungkin Pak Jokowi tahu dan pernah melihat (genderuwo). Soalnya saya tidak pernah melihat,” kata Dahnil kepada wartawan, Jumat (9/11/18).

Disisi lain, Dahnil mengaku penasaran dengan istilah genderuwo yang dipakai Jokowi untuk menggambarkan situasi politik saat ini. Bahkan, Dahnil berdalih, capres petahana kemungkinan memahami dunia mistis, sehingga keluar diksi ‘politik genderuwo’.

“Saya justru penasaran, kenapa Pak Jokowi menggunakan istilah genderuwo? Beliau pilih istilah itu, pasti dikarenakan beliau (Jokowi) paham betul tentang mistis-mistis genderuwo,” sindirnya.

“Mudah-mudahan beliau bisa menjelaskan ke anak-anak muda seperti kita tentang mistis-mistis itu,” tambah Dahnil.

Terlepas istilah dari ‘politik genderuwo’ yang dilontarkan Jokowi, Dahnil mengaku sepakat dengan ajakan mantan Wali Kota Solo itu agar menyudahi politik yang menakut-nakuti serta menebar teror.

“Saya sepakat dengan Pak Jokowi, laku politik yang menakut-nakuti menebar horor dengan melakukan stigmatisasi kepada kelompok lain yang kritis dan berbeda sikap politik harus segera disudahi,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam acara pembagian sertifikat di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/18), Presiden Jokowi menuturkan, saat ini banyak politikus yang memengaruhi. Tetapi, tidak memiliki etika dan sopan santun.

“Coba kita lihat, politik dengan propaganda menakutkan membuat kekhawatiran, propaganda ketakutan coba,” kata Jokowi.

Usai membuat khawatir, maka politikus itu melakukan propaganda ketidakpastian. Masyarakat digiring ke sana, yang akhirnya membuat masyarakat ragu dan muncul ketakutan.

Pola politik menakut-nakuti seperti itu, menurut Jokowi, adalah cara genderuwo. Dalam pemahaman luas, genderuwo adalah hantu yang membuat masyarakat takut. (ham)

Bagikan Ini :