Presiden RI Joko Widodo

telusur.co.id- Partai Demokrat menganggap hal yang sangat wajar jika calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto salah menyebutkan sila ke-4 Pancasila. Karenanya tidak perlu diributkan.

Demikian disampaikan oleh Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahean kepada telusur.co.id, Sabtu (10/11/18).

“Salah ucap antara kerakyatan dan masyarakat itu tidak perlu diributkan. Yang perlu diperhatikan adalah semangat dan jiwa Pancasilanya, bukan hafalan Pancasilanya,” tegas Ferdinand.

Menurut Ferdinand, yang perlu dilakukan pemerintah saat ini ialah membuat kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  Lebih jauh, anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mempertanyakan, apakah kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, sudah sesuai dengan Pancasila?.

“Yang terpenting adalah amalan Pancasilanya, bukan hafalannya. Untuk apa hafal urutan Pancasila, tapi kebijakannya tidak Pancasilais? Ini yang bahaya, bukan yang salah ucap tentang kalimat, apalagi kesalahannya minor,” bebernya.

“Coba bandingkan dengan Jokowi, hafal tidak Pancasila? Kebijakannya Pancasilais tidak?” tambah Ferdinand.

Ferdinand mengimbau semua timses hendaknya mengedepankan kampanye yang subtantif, adu program. “Kita ini menjadi bangsa yang suka meributkan hal-hal yang tidak substantif,” tandasnya.

Dalam video, prabowo mengatakan, “Saya mau katakan, saya sudah pertaruhkan nyawa saya untuk pancasila, NKRI. Jangan hanya teriak-teriak, buktikan bahwa pancasila itu 5 silanya, iya kan?” kata Prabowo dalam video yang beredar di YouTube, hari ini.

“Ketuhanan yang Maha Esa

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Persatuan Indonesia

Kemanusian yang… yang apa… Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Dan keadilan sosial,” kata Prabowo membacakan Pancasila.

Soal video yang beredar, disebut-sebut Prabowo saat itu menghadiri peresmian Kopasandi dengan para ulama Alumni 212 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/18).[Ipk]

 

Bagikan Ini :