FOTO: Wakil Presiden Jusuf Kalla tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata

telusur.co.id- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (10/11/18).  JK bertindak sebagai inspektur upacara di TMP Kalibata, didampingi sang istri, Mufidah Jusuf Kalla dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan sejumlah Kabinet Kerja.

Dalam upacara ini, dilakukan prosesi mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang ditandai dengan membunyikan sirine selama satu menit, dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga serta doa di Tugu TMP Kalibata.

Usai upacara, JK dan Mufidah melanjutkan dengan prosesi tabur bunga di makam sejumlah pahlawan, seperti makam Jenderal TNI Ahmad Yani, Letnan Jenderal TNI R. Suprapto, Letnan Jenderal TNI S. Parman, dan makam Letnan Jenderal TNI M.T. Haryono.

Kemudian, JK juga menabur bunga di makam Wakil Presiden kelima Letnan Jenderal TNI H. Soedharmono, Wakil Presiden keempat Umar Wirahadikusumah, Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution, Adam Malik, hingga makam Mayor Jenderal TNI Sutoyo Siswomiharjo dan Ainun Habibie.

Usai tabur bunga, acara dilanjutkan dengan ‘Ramah Tamah Keluarga dan Perintis Kemerdekaan.’ Dalam acara ini, JK menyerahan Tali Asih atau bantuan secara simbolis kepada keluarga pahlawan.

Rangkaian acara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh JK untuk diserahkan kepada perwakilan keluarga pahlawan.[Ipk]

Bagikan Ini :