Politisi PKS Hidayat Nur Wahid/Repro

telusur.co.id – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid mengucapkan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan 6 orang tokoh menyandang gelar pahlawan nasional yang diantaranya adalah Duta Besar Indonesia untuk Liga Arab dan juga seorang Jurnalis Abdurrahman Baswedan serta Kasman Singodimedjo seorang tokoh Muhamadiah yang terlibat dalam proses pengesahan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Menurut Hidayat, sosok Kasman merupakan sosok yang sangat penting bagi MPR dan DPR RI saat ini karena, dialah (Kasman Singodimedjo) merupakan ketua KNIP (parlemen) pertama, Jaksa Agung Kedua yang memelopori pembenahan organisasi Kejaksaan Agung, pemimpin Badan Keamanan Rakyat, dan selanjutnya memelopori pembentukan Tentara Keamanan Rakyat sebagai cikal-bakal TNI.

“Mr Kasman Singodimedjo bagi kami keluarga MPR DPR ini adalah satu yang harus kami apresiasi tersendiri artinya Pemerintah mengakui seseorang atau ketua KNIP cikal bakal dari DPR MPR menjadi pahlawan nasional,” ungkap Hidayat di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/18).

Melihat hal itu, ia pun menilai bahwa setiap orang dari berbagai latar belakang daerah, agama serta profesi bisa memaksimalkan potensi untuk menghadapi tekanan dari Belanda agar Indonesia merdeka.

“Dalam tempaan luar biasa perjuangan itu memberikan kepada kita keteladanan bahwa keragaman keunggulan profesi bukan lah halangan bagi mereka. Termasuk dalam kaitannya Pancasila dan UUD dan NKRI dalam sejarah perjalanannya yang sangat dinamik dan NKRI sebagai kesepakatan,”ungkapnya.

Seperti diketahui, Presiden resmi memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh Indonesia. Pemberian gelar itu diterima langsung oleh para ahli waris di Istana Negara.

Prosesi pemberian gelar Pahlawan Nasional itu berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/11/2018) pukul 13.00 WIB.

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu diterima oleh para ahli waris.

Berikut ini nama penerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional 2018:

1. Abdurrahman Baswedan tokoh dari Provinsi DI Yogyakarta.

2. IR H Pangeran Mohammad Noor tokoh dari Kalimantan Selatan.

3. Agung Hajjah Andi Depu tokoh dari Sulawesi Barat.

4. Depati Amir tokoh dari Bangka Belitung.

5. Kasman Singodimedjo tokoh dari Jawa Tengah.

6. Brigjen KH Syam’un tokoh dari Banten.

Bagikan Ini :