Ketua DPR RI Bambang Susatyo/ foto : B.Tri/ telusur.co.id

telusur.co.id – Rencana Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan Kartu Nikah sebagai pengganti buku nikah. Dipertanyakan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Menurut dia apa urgensinya melakukan pergantian buku nikah dengan kartu nikah. Sebab, keberadaan buku nikah sudah cukup sebagai bukti nikah.

“Status seseorang yang sudah menikah juga sudah tercatat di Kemenag di dalam buku nikah. Selain itu data yang tercatat di buku nikah juga telah tercarat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk keperluan keterangan dalam pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang saat ini sudah berlaku secara nasional, seperti e-KTP,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11/18).

Oleh karena itu ia meminta Menag Lukman Hakim menjelaskan secara detail kepentingan kartu nikah tersebut.

penjelasan itu kata Bamsoet sangat penting dilakukan, karena keberadaan kartu nikah yang akan dibuat nanti tidak akan tumpang tindih dengan aturan yang sudah ada baik di Kemenag maupun di Disdukcapil.

“Kami mendorong Kemenag untuk memberikan penjelasan rencana tersebut kepada Komisi VIII DPR terkait urgensi dari dikeluarkannya kartu nikah tersebut,” ungkapnya. [Far]

Bagikan Ini :