Pebalap Andrea Dovizioso. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Penuh dramatis, akhirnya Andrea Dovizioso berhasil memenangkan seri pamungkas MotoGP 2018 yang berlangsung di Valencia, Spanyol, pada Minggu (18/11/18). Di bawah guyuran hujan, dimana para pebalap lainnya terjatuh lantaran terpeleset Dovi keluar sebagai pemenang.

Sedangkan posisi kedua dan ketiga secara berurutan diisi oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Pol espargaro (KTM).

Sementara itu, Valentino Rossi yang memulai lomba dari posisi ke-16 sudah ikut dalam persaingan memperebutkan posisi ke-4.

Namun, trek Sirkuit Ricardo Tormo yang diguyur hujan banyak mempengaruhi jalannya perlombaan seri terakhir MotoGP 2018 itu.

Pol Espargaro dan Marc Marquez yang terlibat dalam duel perebutan tempat ketiga, hampir bersamaan harus terjatuh dari motornya.

Tentu, kondisi ini memberi keuntungan bagi The Doctor yang mampu berada di peringkat tiga dan terus mengejar Dovi serta Rins yang berada tak jauh di depannya.

Tak hanya itu, Rossi juga sempat memimpin balapan sejenak sebelum di ambil alih oleh Dovi. Akibat, situasi hujan semakin deras, operator terpkasan mengibarkan bendera merah dan membuat MotoGP Valencia 2018 ditunda sementara.

Usai ditunda sementara, balapan kembali dimulai dengan posisi tiga pembalap terdepan tidak berubah yaitu Rins, Dovi dan Rossi. Mengandalkan tenaga Ducati, Dovizioso lalu melewati Rins yang semakin menjauh.

Rossi lalu menyalip Rins yang mulai kesulitan menjaga jarak. Tetapi, pembalap veteran itu juga tergelincir. Meski melanjutkan balapan, Rossi gagal naik podium.

Posisi terdepan tidak berubah dengan Dovi mengamankan kemenangan dan KTM meraih podium pertama lewat Pol Espargaro.[tp]

 

Bagikan Ini :