Foto Wiranto dengan keluarga saat pemakaman cucunya, Akhmad Danial Al Fatih./Net

telusur.co.id – Foto keluarga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto saat pemakaman cucunya Ahkmad Danial Al Fatih viral dan menjadi pembicaraan publik. Menanggapi hal tersebut, Wiranto memberikan pernyataan resmi soal anak dan cucunya yang bercadar serta bersorban.

“Pada saat cucu saya Ahmad Daniyal Al Fatih meninggal dunia, ibu, ayah dan kakak-kakaknya mengenakan busana muslim yang bercadar, bersorban. Banyak masyarakat terkejut, media sosial ramai membincangkan tentang mereka. Ada yang senang dan ada pula yang mencerca dengan prasangka dan cara mereka. Bahkan mencoba menghubung-hubungkan dengan tugas dan jabatan saya sebagai Menko Polhukam,” kata Wiranto dalam pernyataan tertulis, Senin (19/11/18).

Kemenko Polhukam membenarkan bahwa keterangan tertulis ini bersumber dari tim media Wiranto. Foto viral yang dimaksud memperlihatkan Wiranto, istri, anak-anak, serta cucu-cucunya duduk di samping makam Ahkmad Danial Al Fatih. Tampak anak perempuan dan cucu perempuan Wiranto memakai cadar hitam dan menantunya bersorban.

Karena ingin almarhum cucunya tenang, Wiranto akhirnya angkat bicara. Wiranto mengaku mengajarkan anak-anaknya untuk mencintai negara dengan cara masing-masing. Dia memberi kebebasan kepada anak-anaknya, termasuk dalam berpakaian. Dia pun kemudian mengulang nasihat yang diberikannya kepada anak-anaknya.

“Jangan campur adukkan agama dengan ideologi negara, jangan jual agama untuk kepentingan politik dan jangan jual agama untuk mencari keuntungan finansial. Dalami agama untuk bekal di akhirat dan memberikan kebaikan bagi sesama, bangsa, dan negara,” begitu pesan Wiranto kepada keluarganya.

“Kamu boleh kenakan baju apa saja selama kamu merasa nyaman, tetapi yang penting janganlah penampilanmu hanya untuk pamer tentang ke-Islamanmu, karena kedalaman agamamu bukan diukur dari pakaianmu atau penampilanmu, tetapi akhlak dan perilakumulah yang lebih utama,” tambahnya.

Wiranto mengaku tidak mempermasalahkan ketika anak-anaknya tidak mengikuti jejaknya di dunia militer maupun politik. Dia juga menegaskan, anak-anaknya tidak ada yang memanfaatkan jabatannya.

“Saya memang meminta dengan sungguh-sungguh kepada mereka untuk jangan sekali-kali memanfaatkan jabatan saya untuk kepentingan pribadi. Saya bersyukur sampai detik ini kami sekeluarga masih dapat mempertahankan komitmen itu,” demikian Wiranto. [Far]

Bagikan Ini :