Jenderal TNI Andika Perkasa/Net

telusur.co.id – Andika Perkasa telah dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Adapun, pelantikan lulusan Akademi Militer 1987 itu berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/18).

Penilaian Jokowi, Jenderal TNI Andika Perkasa layak diangkat sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Mulyono, karena Andika merupakan sosok yang komplet lantaran pengalamannya memimpin sejumlah satuan di TNI.

“Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah jadi Pangdam, pernah jadi Komandan Paspampres, sebelumnya juga pernah di Penerangan TNI. Saya kira tour of duty-nya komplet,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

Kepala Negara menegaskan, angkatan tidak jadi faktor utama dalam memilih pimpinan tertinggi di matra TNI AD tersebut.

“Ini bukan masalah dari muda atau tua, ya. Sekali lagi, semua ada hitung-hitungannya. Terutamanya, yaitu pengalaman, rekam jejak, khususnya pendidikan-pendidikan yang telah dijalani,” kata Jokowi.

Pengangkatan Andika, berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 97 TNI Tahun 218 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Selain itu, berdasarkan surat Keputusan Presiden nomor 98 TNI Tahun 2018 tentang Kenaikan Pangkat dalam Perwira Tinggi TNI, Presiden Jokowi juga menaikkan pangkat Andika dari bintang tiga atau Letnan Jenderal menjadi bintang empat atau Jenderal TNI. [ipk]

Bagikan Ini :