telusur.co.id – Mendekati Penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2019 segmentasi pemilih milenial terus menjadi idola. Bukan saja jumlahnya yang saat ini dinilai mayoritas tapi juga dianggap sebagai pemilih yang paling rasional dalam menentukan pilihan.

Pengamat Politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan, jika ingin meraup suara dari milenial, maka hendaknya memahami dunia mereka.

Menurut Karyono, dunia kaum milineal itu sangat dekat dengan smartphone yang beberapa dengan zama Old.

“Generasi milenial sangat akrab dengan dunia internet. Lebih para generasi Z tidak hanya menegenal dunia internet tetapi mereka sejak lahir melekat HP, Sudah, internet,” kata Karyono dalam diskusi bertajuk “Arah Politik Milenial di Pemilu 2019: Antara Peluang dan Tantangan” di kawasan di Cikini, Jakarta, Jumat (23/11/18).

Karyono menjelaskan terkait karakteristik generasi milenial. Berdasarkan riset dari lembaga Alvara dimana 1 dari 3 penduduk Indonesia adalah generasi milenial. Kemudian, sambung dia, 8 dari 10 orang sudah terkoneksi dengan internet.

Karakteristik lainnya, jelas Karyono, sekitar 30,7 persen generasi milenial sangat senang pergi ke Mall. ” Generasi milenial di DKI berbeda dengan di kampung saya di Pasar (kampung Karyono). Karena tidak ada mall di sana. Jadi berbeda,” tegasnya.

Meski demikian, tren saat ini, imbuh Karyono, di tengah revolusi 4.0 orang tak perlu lagi datang ke mall. Karena, semua transaksi bisa dilakukan lewat online.

“Orang datang ke mall udah berkurang. Karena ada e-comerce. Belanja lewat online, makan lewat online,” imbuhnya.[far]

Bagikan Ini :