FOTO: Dok. Kemenpora

telusur.co.id- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyelenggarakan Indonesian Sport Awards (ISA) 2018 sebagai bentuk apresiasi kepada pahlawan olahraga Indonesia. Sebanyak 20 kategori telah diberikan kepada para pejuang olahraga.

“Tentunya ini adalah inisiatif yang bagus. Sebuah ide yang betul-betul ingin memberikan suatu penghargaan, penghormatan, atas dedikasi yang begitu panjang dari para atlet,” ujar Menpora Imam Nahrawi, dilansir dari laman Kemenpora, Sabtu (24/11/18).

“Pastinya ini jadi penyemangat bagi atlet-atlet berikutnya untuk berprestasi. Dengan berprestasi, nanti akan ada banyak penghargaan dan ucapan terima kasih dari masyarakat kita, dan akan kami teruskan acara seperti ini,” sambungnya.

Dari 20 kategori, 14 kategori penghargaan yang nominasinya ditentukan oleh dewan juri yang dipimpin Wartawan Senior Olahraga Ian Situmorang dengan salah satu anggotanya Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, hasil vote masyarakat memunculkan para atlet idola terfavorit sebagai berikut, kategori Individual Putra (Anthony Sinisuka Ginting/Bulutangkis), Individual Putri (Lindswell Kwok/Wushu), Individual Putra Disabilitas (Jendi Pangabean/Renang), Individual Putri Disabilitas (Syuci Indriani/Renang).

Adapun untuk Pasangan Putra (Kevin Sanjaya-Marcus Gideon/Bulutangkis), Pasangan Putri (Greysia Polii-Apriyani Rahayu/Bulutangkis), Pasangan Putra Disabilitas (Dian David Michel Jacobs-Komet Akbar/Tenis Meja), Pasangan Putri Disabilitas (Leani Ratri Oktila-Khalimatus Sadiyah/Bulutangkis), Pasangan Campuran (Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir/Bulutangkis), Campuran Disabilitas (Banyu Tri Mulyo-Hamida/Tenis Meja).

Dan, untuk Beregu Putra (Timnas U-16 Piala AFF), Beregu Putri (Tim Bulutangkis Asian Games), Beregu Putra Disabilitas (Tim Asian Games Men’s Team Standing), Beregu Putri Disabilitas (Tim Catur Rapid VI-B1 Asian Para Game).

Sedangkan enam pemenang lainnya yang dipilih langsung oleh dewan juri, yakni kategori Lifetime Achievement (Christian Hadinata/Atlet/Pelatih/Pembina Bulutangkis). Untuk Atlet Muda Berbakat (Lalu Muhammad Zohri/Lari), Coach (Herry Indra Pierngadi/Bulutangkis), Pembina Olahraga (Bob Hasan), Lembaga/Institusi (PT Djarum), serta pamuncaknya Atlet of The Year (Kevin Sanjaya-Marcus Gideon/Ganda Putra Bulutangkis).

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon, Ganda Putra Bulutangkis peringkat satu dunia, yang juga menerima penghargaan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya ISA ini dan berharap dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.”Saya tidak menyangka dapat penghargaan seperti ini,” ucap Kevin.

“Kami sangat bangga dan senang sekali dapat mendapatkan,” tambah Markus, yang keduanya juga menjadi Atlet Pasangan Putra Terfavorit.[tp]

Bagikan Ini :