Ketua Bidang Humas dan Sosial Ikatan Guru Indonesia (IGI), Nur Badriah./WA

telusur.co.id – Ketua Bidang Humas dan Sosial Ikatan Guru Indonesia (IGI), Nur Badriah mengatakan, tugas seorang guru bukan hanya sekedar mengajar, tetapi lebih dari itu.

“Kalau ada yang mengatakan tugas Guru mengajar saja sudah cukup, itu artinya guru tersebut belum memahami empat kompetensi yang harus dimiliki guru,” kata Nur Badriah dalam keterangannya, Minggu (25/11/18).

Adapun,empat kompetensi yang harus dimiliki itu adalah paedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Hal itu juga diperkuat lagi dalam Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

“40 Jam yaitu 2,5 jam istirahat dan pelaksanaan beban kerja selama 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja efektif,” terangnya.

Sebagaimana dimaksud pada Pasal 2 ayat (2) Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tersebut, bagi Guru mencakup kegiatan pokok yakni, pertama, merencanakan pembelajaran atau pembimbingan,dan Kedua, melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan.

“Adapun yang ketiga, menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan. Keempat, membimbing dan melatih peserta didik; dan kelima, melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan Beban Kerja Guru,” paparnya.

“Jadi Mengajar adalah 1 dari 5 M yang harus dipenuhi guru. Bukankah guru akan protes jika tunjangan profesinya tidak cair? Nah, apakah guru tersebut layak menerima penuh jika hanya 1 M yang dilakukan?” demikian Nur Badriah. [Far]

Bagikan Ini :