Menteri Olahraga Kim Il Guk. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Menteri Olahraga Korea Utara akan diizinkan masuk ke Jepang untuk menghadiri pertemuan Olimpiade di Tokyo pekan ini.

Diketahui, warga Korea Utara saat ini masih dilarang memasuki Jepang karena pemberlakukan sanksi terkait uji nuklir dan peluru kendali.

Menteri Olahraga Kim Il Guk, yang juga sebagai ketua Komite Olimpiade Korut, akan ke Jepang untuk menghadiri Sidang Umum Asosiasi Komite-komite Olimipade Nasional (ANOC) pada Rabu dan Kamis ini.

“Olahraga internasional dan piagam Olimpiade menyampaikan gagasan ini untuk tidak ada diskriminasi terhadap setiap bangsa,” kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga dilansir dari Reuters, Selasa (27/11/18).

“Berdasarkan hal itu, kami memberi pengecualian kepada menteri Kim Il Guk, yang akan mengikuti Sidang Umum pekan ini. Kami mengizinkan dia memasuki negara ini sebagai pengecualian,” katanya.

Pada Februari 2017, atlet-atlet dan ofisial Korea Utara mendapat izin ke Jepang untuk mengikuti Asian Winter Games di Sapporo. Korut juga akan tampil pada Olimpiade 2020 di Tokyo.[Ham]

Bagikan Ini :