Bendungan Katulampa/foto: istimewa

telusur.co.id – Beredarnya kabar di Media Sosial (Medsos) bahwa bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat jebol dibantah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam keterangan melalui akun twitter pada Selasa malam, (27/11/18), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa berita itu tidak benar sama sekali atau Hoaks.

“Beredar di medsos yang mengatakan Bendungan Katulampa jebol dan akan menyebabkan Jakarta banjir. Itu semua hoax. Kondisi sungai-sungai di Bogor, Depok, dan Jakarta aman pada (27/11),” cuit dia.

Sutopo menjelaskan, hoaks soal jebolnya bendungan Katulampa tersebut pernah beredar tahun lalu, namun kabar tidak benar tersebut kembali beredar.

“Hoax itu pernah disebarkan tahun lalu dan saat ini disebarkan lagi oleh oknum. Jangan percaya,” tegas Sutopo.

Dalam akun twitternya juga, Sutopo memperlihatkan gambar grafik informasi tinggi muka air yang menunjukkan zona hijau yang berarti aman dan kondisi cuaca gerimis.

Sementara itu, gambar info hoaks juga dibagikannya yang menyatakan informasi dari Pudek Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bogor.

Pesan tersebut berisi “info dr pudek BMKG Bogor Katulampa jebol, Jakarta kemungkinan bisa banjir, kalau ada keluarga yang kerja di wilayah jabodetabek kabarin, diperkirakan air sampai jakarta +/-6 jam lagi info dr temen yg di bogor barusan kira2 sejam yg lalu. jadi untuk malam ini klo bisa balik ke rumah jangan terlalu malam.. perkiraan 6 jam air sampai Jakarta.”.

Bagikan Ini :