Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.Foto:Istimewa

telusur.co.id- Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dianugerahi penghargaan kategori ‘The First Responders 2018′ oleh The Straits Times.

Terkait penghargaan ini, penggemar Raisa (Penyanyi) yang pada awal Januari 2018 lalu divonis terserang penyakit kanker paru-paru stadium 4 ini mengaku berterimakasih atas penghargaan tersebut.

“Pentingnya kesadaran masyarakat tentang bencana adalah bentuk kewaspadaan yang terencana. Di beberapa wilayah yang masuk kategori rawan bencana harusnya mengetahui lebih banyak tentang apa itu bencana dan bagaimana mengatasinya,,” kata Sutopo dalam keterangan pers yang diterima telusur.co.id, Jumat (30/11/18).

Dia berdalih, gunung meletus itu tidak selamanya bencana. Selama belum berada ditingkat yang berbahaya itu bisa menjadi sebuah keindahan yang memanjakan mata, juga sebagai objek wisata yang mengagungkan apalagi bersama dengan orang yang spesial. Dengan catatan kita masih berada pada jarak yang aman.

Karenanya, perlu bekerja lebih giat lagi untuk tetap memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang terobosan atau alat baru yang belum sepenuhnya belum diketahui.

Penghargaan yang diterima Sutopo, karena ia dianggap seorang ASN yang sangat menginspirasi dari sisi profesionalitasnya, tidak menjadikan penyakitnya yang kronis sebagai penghalang untuk berbakti kepada bangsa dan negara. Ia juga mampu menjadi teladan bagi karyawan-karwannya bahkan untuk orang lain sekalipun. Sutopo juga tak sering memberi tahukan kepada para stafnya bahwa pendidikan itu penting.

Meskipun dalam keadaan bekerja, pendidikan tetap harus berjalan. Itu adalah aset masa depan.[tp]

Bagikan Ini :