Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno/Net

telusur.co.id – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memulai kampanyenya di Banyuwangi dengan mendatangi sentra pembuatan alat-alat dapur dari aluminium di Dusun Tegal Pakis, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

Tidak hanya sekedar mendatangi, pria yang karib disapa Bang Sandi itu juga sempat mencoba membuat dandang di salah satu lokasi workshop milik warga.

Usai mencoba membuat dandang dengan waktu yang cukup lama, Sandiaga mengakui jika membuat alat dapur yang satu itu sangatlah sulit.

“Wah sulit juga ya membuat dandang,” kata Sandiaga kepada wartawan usai bertemu dengan para pelaku UMKM alat dapur, Selasa (27/11/18).

BACA JUGA :  20.000 Buruh Kawal Prabowo Daftar Capres

Selain tingkat kesulitan dalam membuat dandang atau wajan, dirinya juga menyoroti soal permasalahan yang dialami oleh UMKM saat ini, utamanya soal bahan baku yang terus naik mengikuti naiknya dolar.

Dari sini, bekas Wagub DKI Jakarta itu mengaku menyerap banyak aspirasi. Salah satunya, pengrajin dandang dan alat dapur yang mengaku kesulitan mendapatkan bahan baku yang harganya terus merangkak naik. Selain itu, pasar untuk Jawa dan Bali diakui pengrajin saat ini lesu.

“Ada yang unik lagi ini tadi. Pengrajin tidak bisa membedakan bahan baku yang tahan karat dan tidak. Ini pemerintah harus ada. Jika sampai kita terpilih nanti. Kami harap bisa berbuat banyak untuk masyarakat, mulai dari permodalan, bahan baku, pasar dan perlindungan terhadap UMKM melalui program kami Oke Oce,” kata dia.

BACA JUGA :  Gerindra Minta Seluruh Kader Kawal TPS

Sandiaga juga salut terhadap Pemkab Banyuwangi yang terus memberikan kepedulian terhadap UMKM alat dapur ini. Ia tahu jika setiap tahun Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Dandang Sewu yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival.

“Saya salut dengan Bupati Banyuwangi Pak Anas. Beliau sahabat saya yang membuat Banyuwangi dikenal dunia.” [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini