Pengurus Indonesian Council for Small Business (ICSB) Indonesia periode 2018-2020 resmi dilantik. FOTO: Dok. Istimewa

telusur.co.id- Pengurus Indonesian Council for Small Business (ICSB) Indonesia periode 2018-2020 resmi dilantik Jumat (30/11/18). Pelantikan yang berlangsung di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta itu turut disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga.

Turut hadir dalam pelantikan itu, antara lain Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, Founder ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, dan sejumlah pejabat eselon 1 pada Kemenkop dan UKM.

ICSB merupakan organisasi Internasional, berpusat di Washington Amerika Serikat.

ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis.

“Ini bukan organisasi pemerintah akan tetapi ICSB akan bekerja sama dengan policy maker lainnya yang konsen membina UKM. Saya bangga sekali karena Pak Menteri akan kawal kita terus,” kata Hermawan dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Kemenkop Akui Masih Banyak Investasi Bodong Berkedok Koperasi

Pengurus ICSB Indonesia yang dilantik sebagai tindaklanjut dari hasil Munas Bandung ini disebut sebagai ICSB model baru yang akan mengakar dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional bahkan sampai ke level internasional.

“Untuk itu, pengurus ini dibentuk bukan untuk gagah-gagahan tapi orientasinya kerja. Nanti setiap 6 bulan pengurus harus membuat laporan,” ujarnya.

Hermawan berharap, ICSB Indonesia harus memberi peran strategis dalam hal Roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di Indonesia yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UKM di tanah air yang berinduk di Kemenkop dan UKM di Jakarta.

BACA JUGA :  Akui Akses Masih Terbatas, Kemenkop Siap Fasilitasi Izin Usaha UMKM

“Saya cuma mempersiapkan ICSB model baru ini supaya mengakar, supaya bisa membatu pemerintah, perguruan tinggi dan korporasi dalam program pengembangan UKM,” tukasnya.

Presiden ICSB Indonesia, Jacky Mussry mengajak stakeholder terkait untuk bersama-sama membina UKM agar bisa lebih kompetitif. Jumlah UKM di Indonesia saat ini begitu besar, tapi tak sebanding dengan tingkat daya saing UKM tersebut, baik lokal maupun internasional.

“Organisasi ini kami harapkan bisa memberikan kontribusi yang strategis kepada UMKM agar mereka lebih kompetitif. Untuk itu, kami mohon dukungan dari kementerian dan segenap pengurus supaya sama berkontribusi,” kata Jacky.[Ham]

 

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini