Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid. FOTO: Dok. Kemlu

telusur.co.id- Indonesia giat mendorong peningkatan nilai perdagangan Indonesia di Eropa, khususnya kawasan Balkan. Salah satunya melalui kegiatan promosi berjudul Wonders of Indonesia: Indonesia Outlook 2018, di Albania dan Makedonia.

Dilansir dari laman Kemlu, Jumat (30/11/18), Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia telah berupaya menciptakan sistem ekonomi yang kondusif dalam mendukung kinerja perdagangan,  pariwisata dan investasi.

Dubes RI juga menyampaikan bahwa di tahun 2019 akan promosi TTI dan akan diupayakan pelaku bisnis dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Marah Dengan Fadli Zon, Mohammad Nuruzzaman Keluar Dari Gerindra

Sejumlah pengusaha lokal yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik inisiatif KBRI Sofia memperkenalkan produk-produk Indonesia dan juga peluang investasi di Indonesia.

Direktur Eropa III Kementerian Luar Negeri, Ardian Wicaksono, menegaskan pentingnya peningkatan hubungan bilateral dengan negara-negara di kawasan Balkan, yaitu antara lain Albania dan Makedonia. Indonesia melihat adanya peluang untuk meningkatkan nilai transaksi perdagangan ekspor Indonesia dan meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata. Ada beberapa produk potensial untuk diekspor ke negara-negara tersebut antara lain: produk kopi, perikanan, produk pertanian, pesawat terbang, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Indonesia Jatuh Ke Dalam Propaganda Israel?

Pada Tahun 2017, nilai perdagangan indonesia-Makedonia tercatat mendekati USD 7 juta, sedangkan hingga Agustus 2018 telah melampaui USD 9 juta. Sedangkan dengan Albania, nilai perdagangan mencapai lebih dari USD 10 juta di tahun 2017.[tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini