Penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Aksi Sosial Tuna Netra Indonesia (PASTI) menggelar aksi di depan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/18). foto Fahri Haidar

telusur.co.id – Pernyataan Ma’ruf Amin soal budek dan buta berbuntut panjang. Bahkan, pernyataan tersebut membuat para penyandang disabilitas tersinggung.

Adalah Persatuan Aksi Sosial Tuna Netra (PASTI) yang akhirnya menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Salah satu anggota PASTI, Mulyawan berujar, tabiat Kiai Ma’ruf saat ini sudah berubah setelah terjun ke dunia politik. Saat ini, Ma’ruf Amin adalah calon wakil Presiden pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019.

“Seorang kiai yang menjadi kebanggaan masyarakat, yang selalu mencetuskan fatwa, tapi ketika masuk orde politik, ucapan yang tawadhu hilang,” kata Mulyawan saat berorasi di depan kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/18).

BACA JUGA :  Cawapres Nomor 1, Ingatkan Masyarakat Soal Kinerja Jokowi

Mulyawan mengaku tak habis pikir dengan ucapan Kiai Maruf yang menyinggung soal budek dan buta yang disampaikan saat deklarasi relawan di kawasan Cempaka Putih, Minggu (11/11/18) lalu.

Seharusnya, kata Mulyawan, sebagai seorang ulama besar, Kiai Maruf lebih bisa menjaga tutur katanya yang menjadi konsumsi publik.

“Apabila mau berkampanye, harusnya bisa menjaga ucapan, jangan sampai terucap seperti itu. Hari ini kita telah mendengar, yang kelak akan menjadi pemimpin dan menjadi panutan semua,” jelasnya.

Ia menegaskan, pernyataan Kiai Maruf soal budek-buta telah menyinggung kaum disabilitas. Oleh karenanya, ia menuntut kepada mantan Rais Aam PBNU itu untuk meminta maaf baik di depan publik maupun kepada kaum disabilitas secara langsung.

BACA JUGA :  Ma'ruf Amin Jabarkan Islam Dan Pancasila

“Kami ini bagian penduduk Indonesia. Kami juga masih rakyat Indonesia. Untuk itu apabila bapak Kiai Maruf Amin belum ada klarifikasi, maka insya Allah kami akan menindaklanjuti dan mungkin akan gelar massa lagi,” tegasnya. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini