Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Petro Poroschenko (kanan)/ foto reuters

telusur.co,id- Ukraina tidak mengizinkan pria Rusia berusia 16hingga 60 tahun masuk ke negaranya. Hal itu diterapkan usai penerapan darurat militer antara Ukraina-Rusia.

Darurat militer telah diberlakukan di 10 wilayah Ukraina dan diberlakukan hingga 26 Desember. Sebelumnya, Presiden Ukraina Petro Poroshenko megaku khawatir terhadap invasi dari pasukan Rusia setelah menembaki dan menyita tiga kapal Ukraina dan 24 pelaut.

Dilansir dari BBC, Jumat (30/11/18), Ukraina mengatakan, insiden Minggu di Laut Hitam adalah pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional. Sementara, Rusia mengatakan kapal-kapal itu melanggar perairan teritorialnya.

BACA JUGA :  Alasan Krisis Ukraina, Trump Batalkan Pertemuan dengan Putin

Ini adalah bentrokan paling berbahaya di laut lepas Krimea sejak Rusia mencaplok semenanjung dari Ukraina pada Maret 2014

Apa yang dikatakan Ukraina?

Pembatasan itu diumumkan setelah Presiden Petro Poroshenko bertemu dengan pejabat tinggi keamanan negara itu, termasuk kepala penjaga perbatasan, di Kiev.

Presiden tweeted (dalam bahasa Ukraina) bahwa larangan itu dirancang untuk mencegah pembentukan “tentara swasta” di Ukraina.

Dia mengacu pada separatis yang didukung Rusia dengan membentuk unit-unit pada bulan April 2014 untuk melawan pasukan pemerintah Ukraina di Ukraina timur.

BACA JUGA :  Putri Presiden Soekarno Dilaporkan ke Polisi dengan Dugaan Penistaan Agama

Poroshenko juga mengatakan kriteria pendaftaran akan diperketat untuk warga Rusia di daerah di bawah darurat militer.

Pada hari Selasa, dia memperingatkan ada ancaman “perang skala penuh” dengan Rusia.

“Jumlah tank (Rusia) di pangkalan yang terletak di sepanjang perbatasan kami telah meningkat tiga kali,” kata presiden.

Lima dari 10 wilayah perbatasan Rusia sementara dua bersebelahan dengan wilayah Trans-Dniester yang memisahkan diri di Moldova, di mana pasukan Rusia ditempatkan. Tiga wilayah lainnya berbatasan dengan Laut Hitam atau Laut Azov dekat dengan Krimea.[tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini