Anggota Komisi I DPR Elnino H Mohi. FOTO: Istimewa

telusur.co.id- Dalam rangka menjaga atau mengontrol pergaulan anak-anak di bawah umur, DPR menyarankan agar pengunaan Hand Phone (HP) dibatasi. Sebab, anak-anak di bawah umur saat ini, sudah mulai terpengaruh pola media sosial yang kadang kurang produktif.

Demikian disampaikan oleh anggota Komisi I DPR Elnino H Mohi kepada wartawan, Kamis (15/11/18).

Menurut Elnino, cara membatasi anak usia di bawah umur memakai HP ialah dengan membuat suatu aturan.

“Yang dapat dilakukan adalah mengeluarkan kebijakan. Pertama, WNI di bawah umur 18 tahun belum diberi ‘hak memiliki’  nomor handphone, tetapi mereka dapat menggunakan nomor hape yang di registrasikan atas nama orang tuanya. Ini dimaksudkan supaya para orang tua bertanggungjawab jika nomor tersebut digunakan untuk melanggar hukum,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ketua Komisi VII DPR Berang Pemerintah yang Anggap Enteng Persoalan Geologi,

Selain itu, politikus Gerindra ini menyarankan agar para pemangku kebijakan memperkuat pertahanan cyber.

“Ini untuk memerangi konten porno, narkoba, dan hal-hal lain yang merusak moral bangsa maupun melanggar hukum yang berlaku di negara kita,” tegasnya.

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, bisa belajar dari negara-negara lain dalam hal menerapkan kebijakan pencegahan terkait konten-konten di dunia maya yang menjurus kepada pelemahan mental dan karakter anak-anak bangsa.

“Pemerintah dapat pula mengikuti cara beberapa negara yang membangun superserver nasional sehingga lebih mudah untuk pertahanan negara kita di dunia internet,” pungkasnya.[far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini