telusur.co.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua atau DPTHP-2, di salah satu ballroom hotel berbintang di Kota Banjarmasin, Selasa (13/11) sore.

Penetapan yang dilakukan dalam pleno terbuka ini, akhirnya diketahui bahwa jumlah pemilih warga Kalimantan Selatan dalam mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang sebanyak 2.879.401 atau mengalami penambahan sebanyak 142.049 pemilih, atau mengalami peningkatan dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Pertama atau DPTHP-1 yang hanya berjumlah 2.737.342 pemilih.

“Alhamdulillah, kita hari ini mengadakan rapat pleno terbuka yang mana membacakan hasil pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua atau DPTHP-2 satu persatu milik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten-Kota yang sebelumnya sudah disyahkan di daerah, dan akhirnya diketahui jumlah pemilih kita mengalami peningkatan sebanyak 142.059 pemilih,” ujar Edy Ariansyah, ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua atau DPTHP-2, jelas Edy akhirnya berimbas pada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) diberbagai daerah yakni sebanyak 50 TPS dari sebelumnya sesuai DPTHP-1 hanya 13.077 TPS kini menjadi 13.127 TPS.

” Penambahan ini hanya terjadi di 8 Kabupaten dan 2 Kota di Kalimantan Selatan dengan jumlah bervariasi, dengan penambahan terbanyak terjadi di Kota Banjarbaru sebanyak 19 TPS kemudian Kota Banjarmasin sebanyak 9 TPS dan Kabupaten Tabalong sebanyak 6 TPS,” jelas Edy.

Namun, dari hasil pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua atau DPTHP-2 yang dihadiri perwakilan tim kampanye daerah pasangan calon Presiden-Wakil Presiden, perwakilan Partai Politik dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah ini belum termasuk warga pemilih yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakat se Kalimantan Selatan yang bejumlah sekitar 6.000an warga binaan.

Hal ini, jelas Edy bahwa dalam Lembaga Pemasyarakatan diketahui ada 2 unsur penting yakni Kementerian Hukum dan HAM dan Pemerintah Daerah yang menangani kependudukan, apalagi terdapat varian masalah dalam Lembaga Pemasyarakatan yakni warga negara yang bukan penduduk Kalimantan Selatan atau Kabupaten-Kota setempat serta penduduk yang belum mempunyai elektronik KTP.

“Mengenai admistrasi kependudukan menang harus bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga untuk pengelolaan warga di LP tentu tidak serta merta KPU bisa masuk karena kewenangan Kemenkumham,” papar Edy.

Sehingga atas varian masalah yang ada tersebut, tambah Edy Komisi Pemilihan Umum Kabupaten-Kota serta Provinsi hanya menginput warga binaan dalam Lembaga Pemasyarakatan dalam Sistem Data Pemilih (Sidalih) yang nantinya bisa di ambil Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk koordinasi dengan pihak lainnya sebagai bahan penetapan nantinya

“Untuk warga binaan dalam Lembaga Pemasyarakatan kami sudah memasuk kan dalam Sidalih, sehingga data pemilih tersebut, namun tidak masuk dalam rekap DPTHP2 melainkan di input dalam data Sidalih nanti data yang diinput akan disedot KPU RI dan akan dijadikan basis kordinasi dengan Kemenkumham serta Dirjen Kependudukan Kemendari sehingga payung hukum untuk pengelolaan lebih lanjut dan itu ranah KPU RI seandainya ranah KPU Kalimantan Selatan kami akan mengatur itu,” pungkas Edy.

Data DPTHP 1
Jumlah Kecamatan = 153
Jumlah Kelurahan / Desa = 2.008
Jumlah TPS = 13.077
Jumlah Pemilih =
– Laki – laki : 1.371.657
– Perempuan : 1.365.687
Total Pemilih = 2.737.342

Data DPTHP 2
Jumlah Kecamatan = 153
Jumlah Kelurahan / Desa = 2.008
Jumlah TPS = 13.127
Jumlah Pemilih =
– Laki – laki : 1.442.040
– Perempuan : 1.437.361
Total Pemilih = 2.879.401

Penambahan
Jumlah TPS = 50 TPS ( Tala 4, Kotabaru 1, Banjar 3, Batola 1, Tapin 2, Hulu Sungai Selatan 0, Hulu Sungai Tengah 0, Hulu Sungai Utara 1, Tabalong 6, Tanah Bumbu 4, Balangan 0, Banjarmasin 9, Banjarbaru 19)
Jumlah Pemilih =
– Laki – laki : 70.383
– Perempuan : 71.576
Total Pemilih = 142.059.[agt]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini