Ekonom Rizal Ramli Foto: telusur.co.id

telusur.co.id – Ekonom senior Rizal Ramli menduga, sejak awal pendirian sistem Badan Pusat Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan memang didesain untuk tidak berhasil. Karenanya, menurut Rizal, tak heran saat ini keuangan BPJS Kesehatan mengalami masalah.

“Kalau kita lihat dari awal dari sejak pendiriannya (BPJS Kesehatan) memang diracang untuk gagal,” kata Rizal dalam konperensi pers di kediamannya, Kawasan Tebet, Jakarta, Rabu (14/11/18).

Mantan menteri koordinator bidang perekonomian era presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini menjelaskan, beberapa permasalahan yang dialami BPJS Kesehatan diantarnya diperlambat pelaksanaannya.

BACA JUGA :  DPD RI Desak BPJS Kesehatan Segera Bayar Klaim JKN

Kemudian, suntikan modal yang diberi pemerintah hanya Rp 5 triliun. Lalu, kata Rizal, struktur keuangannya sengaja dibuat kecil. “Rizal Ramli mengatakan sistem BPJS ‘dirancang’ untuk gagal finansial,” tegasnya.

Menurut Rizal, jika pengelola keuangan BPJS Kesehatan ini dikelola dengan benar, maka pemerintah akan mendapatkan keuntungan. “BPJS akan meningkatkan tabungan nasional kita akan menjadi alat untuk stabilisasi counter circle ekonomy force. Dan investasi dari dana BPJS itu bisa untuk meningkatkan kesejahteraan,” tandasnya. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini