Foto: telusur.co.id

telusur.co.id – Pakar hukum tata negara Margarito Kamis meminta publik tidak cepat-cepat berpuas diri dengan proses pemanggilan dan penggeledahan kantor serta rumah Bos Lippo Group James Riady. Pasalnya, penggeledahan dan pemeriksaan James Riady belum apa-apa.

“Itu penggeladahan dan pemeriksaan James tidak berarti apa-apa. Memangnya apa yang mereka dapat dari penggeladahan itu? Kita tidak tahu,” kata Margarito dalam diskusi bertajuk ‘Kasus Meikarta, Ujian Berat Bagi Independensi KPK’ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (21/11/18).

Lantas, kata dia, karena sudah digeledah, apakah KPK merasa sudah selesai? Ternyata belum ada tindak lanjutnya.

BACA JUGA :  Menteri Hukum dan HAM Serahkan Nasib Boediono Pada KPK

“Okelah, KPK sudah dapat image di mata publik. Tapi KPK sebagai penegak hukum, apa yang dilakukan setelah itu? Saya belum melihat langkah konkrit penyidik KPK sebagai pertanggungjawaban atas tugasnya melakukan tindakan hukum. KPK sangat lambat,” tutur Margarito.

Karenanya, Margarito pun meminta KPK agar tidak menutup-nutupi tentang apa yang sebenarnya terjadi di KPK. Karena publik menunggu seberapa jauh langkah KPK dalam kasus Meikarta.

“Kenapa tersangka di Meikarta tidak kunjung bertambah. Sementara semua orang dipanggil dan diperiksa. Ngapain KPK sibuk bolak-balik panggil orang. Apakah cuma buat rame-ramean saja,” tambah Margarito geram.

BACA JUGA :  Kesaksian Dokter Spesialis Jantung

Margarito pun meminta KPK tidak lagi banyak bicara yang ujungnya hanya membangun citra.

“Sudah lah, publik sudah capek dengan begitu itu. Kalau KPK sudah berani melakukan penyitaan, pencabutan izin, dan tersangka nambah, itu baru tindakan hukum,” jelas Margarito.

Namun, Margarito juga mengaku ragu KPK akan punya cukup nyali dalam menindak kasus yang bersinggungaan dengan korporasi tersebut. Padahal, menurut dia, tidak ada korporasi yang tidak punya akses ke politik.

“KPK tidak pernah mengungkap misalnya, korporasi keluarkan uang itu untuk siapa saja?, karena ini operasi pengamanan yang pasti dilakukan mereka,” pungkasnya.[far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini