Mantan Presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush. foto net

telusur.co.id – Mantan presiden AS, George Herbert Walker Bush meninggal pada Jumat (30/11) dalam usia 94 tahun. Ia meninggal pada pukul 22.10 waktu Amerika Tengah dan kematiannya diumumkan oleh orang yang lama menjadi juru bicaranya Jim McGrath.

“Tak ada perincian lebih lanjut mengenai kondisinya saat ia menghembuskan nafas terakhir,” kata Jim McGrath dilansir Reuters.

George Herbert Walker Bush adalah presiden yang memerintah pada akhir Perang Dingin dan mengalahkan militer presiden Irak Saddam Hussein. Ia adalah ayah dari mantan presiden George W. Bush, yang dua kali menjabat di Gedung Putih dari 2001 sampai 2008, dan mantan gubernur Florida Jeb Bush –yang pada 2016 gagal mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik.

Bush senior, dari Republik seperti putranya, juga menjadi wakil presiden selama delapan tahun saat dua masa jabatan presiden Ronald Reagan, sebelum terpilih untuk menghuni Gedung Putih.

Ia mengalahkan mantan gubernur Massachusetts Michael Dukakis, calon dari Demokrat, dalam pemilihan presiden 1988, dan kalah dalam pencalonannya kembali pada 1992 dari Bill Clinton, dari Demokrat.

Bush meninggal tujuh bulan setelah kematian istrinya, mantan ibu negara Barbara Bush, yang menjadi istrinya selama 73 tahun, kata Reuters.

Mantan presiden AS tersebut, yang menjadi pilot Angkatan Laut AS selama perang Dunia II, telah menghadiri upacara pemakaman istrinya di Houston di kursi roda dan memakai kaus kaki warna-warnia dengan hiasan buku, untuk menghormati komitmen istrinya bagi upaya melek huruf. (ham)

Bagikan Ini :