Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap korban kebakaran KM Gerbang Samudera I di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (2/12/18)/Istimewa

telusur.co.id-Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) KM Gerbang Samudera I yang selamat dari kebakaran kapal menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak, pada Minggu (2/12) sekitar pukul 09.56 WIB. Selanjutnya, mereka dikumpulkan di gedung Gapura Surya Nusantara untuk pemeriksaan kondisi medis.

“Para penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang selamat dari kebakaran kapal ini dievakuasi KM Kumala yang pada saat kebakaran berada di sekitar Tempat Kejadian Kecelakaan, dan kemudian dievakuasi ke Surabaya,” ujar Satrio Nurridanto, Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, dalam siaran pers nya kepada awak media.

Tim SAR Gabungan sedabg evakuasi korban KM Gerbang Samudera I yang terbakar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Minggu (2/12/18)/Istimewa

Data sementara yang diperoleh dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak menyebutkan, jumlah penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang diselamatkan sebanyak 130 orang. Tiga orang ABK yang belum ditemukan, terdiri dari satu orang Kapten dan dua orang kadet.
Mereka yang dievakuasi dalam kondisi selamat, terdiri dari 72 orang penumpang, 31 orang ABK serta 27 orang sopir dan kernet.
Diantara mereka, ada tiga orang yang terluka, satu orang mengalami luka bakar, satu orang kakinya terkilir dan satu orang mengeluhkan sesak nafas.

“Ketiga orang yang terluka dibawa ke Rumah Sakit PHC Surabaya untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sedangkan mereka yang mengalami luka ringan, seperti lecet, mendapatkan penanganan medis di titik kumpul,” tambah Satrio.

Berdasarkan keterangan dari ABK KM Gerbang Samudera I, kapal terbakar tidak lama setelah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke Banjarmasin, yaitu sekitar pukul 01.00 WIB. Tempat Kejadian Kecelakaan di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35′ S 112° 54′ E.

Selain KM Kumala dan tim operasi Kantor SAR Surabaya, sejumlah pihak juga ikut dalam upaya evakuasi para penumpang dan ABK KM Gerbang Sentosa I, diantaranya KN SAR 225 Widura, Syahbandar Tanjung Perak, KN Grantin, Ditpolair Polda Jatim, Polres Tanjung Perak, KKP, DLU, Linmas kota Surabaya, Dinkes dan Dinsos kota Surabaya, Lantamal V dan Pelindo III Tanjung Perak.
Hingga berita ini dikabarkan, tim KN SAR 225 Widura masih melakukan pencarian tiga orang ABK KM Gerbang Samudera I yang belum ditemukan.[Agt].

Bagikan Ini :