Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan/Net

telusur.co.id – Pimpinan DPR RI belum mengetahui adanya surat yang dikirimkan DPP PAN kepada DPR mengenai pergantian Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (3/12/18).

Fahri mengatakan bahwa hingga hari ini belum ada surat dari DPP PAN terkait pergantian Taufik. Termasuk, surat pengunduran diri Taufik Kurniawan.

“Belum ada,” kata Fahri.

Disampaikan, bila surat pengunduran Taufik Kurniawan belum ada maka posisi Wakil Ketua DPR belum bisa diganti.

Karena, pergantian wakil ketua DPR baru bisa dilakukan bila memenuhi tiga syarat, yakni berhalangan tetap, tersangkut masalah hukum dengan keputusan yang berkekuatan hukum tetap (inkrah), dan mengundurkan diri.

Sebelumnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Senin ini partainya akan memproses pergantian Taufik sebagai Wakil Ketua DPR.

Zulkifli mengatakan bahwa pergantian Taufik sebagai Wakil Ketua DPR akan segera dilakukan. Surat untuk memproses pergantian tersebut telah disampaikan ke DPR.

Taufik ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (30/10/18). Taufik diduga menerima suap terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN Tahun 2016 senilai Rp 100 miliar. [ipk]

Bagikan Ini :