Pembangunan tol trans jawa/foto: net

telusur.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memperbaiki dan menambah peraturan terkait transportasi jalan tol. Hal itu dilakukan mengingat akan segera dibukanya ruas Tol Trans Jawa dari Merak, Banten hingga Surabaya, pada akhir 2018.

Begitu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, saat Pra Uji Laik Fungsi dan Keselamatan Lalu Lintas di Surabaya, Jumat (7/12/18).

“Nanti beberapa regulasi terkait keselamatan dan kenyamanan akan diperbaiki dan ditambah,” ujar dia

Menurut dia, langkah yang dilakukan sebagai bentuk bahwa Kemenhub fokus terhadap pembangunan infrastruktur sebagaimana program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan pra-uji laik Jalan Tol Trans Jawa ini untuk memastikan operasi dan kesiapan fisik, serta juga keselamatan, sebelum jaringan Merak-Surabaya dibuka untuk masyarakat umum.

“Kami awasi masalah keselamatan. Kami akan pastikan itu sehingga pengguna jalan akan selamat dan merasa nyaman. Jadi, sekarang isunya adalah keselamatan,” ujar Desi.

Pra-uji laik itu dimulai dari ruas Tol Surabaya-Mojokerto kemudian ke Jalan Tol Mojokerto-Kertosono, tempat peristirahatan 597 B di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Tol Semarang ABC, dan Jembatan Kali Kuto yang menjadi bagian Jalan Tol Batang-Semarang.[far]

Bagikan Ini :