Vokalis Buzzcocks, Pete Shelley /bbc

telusur.co.id – Kabar duka datang dari Band legenda punk asal Inggris, Buzzcocks. Vokalis mereka, Pete Shelley meninggal dunia dalam usia 63 tahun di Estonia, Jumat (7/12/18).

Dikabarkan, Pete Shelley mengembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung.

Buzzcocks sendiri sudah menyampaikan kabar duka itu lewat akun Twitter resmi.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengkonfirmasi kabar kematian Pete Shelley, salah satu penulis lagu paling berpengaruh dan produktif di Inggris dan salah satu pendiri dari band punk Buzzcocks.”

“Musik Pete telah menginspirasi berbagai generasi musisi sepanjang lima dekade karirnya baik dengan band maupun sebagai artis solo, ia mendapat penghargaan tertinggi oleh industri musik dan oleh para penggemarnya di seluruh dunia.” tulis akun Buzzcocks, Jumat (7/12/18).

Pete Shelley merupakan penulis lagu paling populer dari Buzzcocks, yaitu Ever Fallen in Love (With Someone You Shouldn’t’ve) yang dirilis pada tahun 1978, dua tahun setelah Buzzcocks terbentuk.

Pete Shelley yang punya nama lengkap Peter Campbell McNeish lahir di Leigh, dekat Wigan, pada tahun 1955 dan mulai membentuk Buzzcocks di Bolton pada tahun 1975 dengan Howard Devoto, yang kemudian membentuk band post-punk Magazine.

Buzzcocks pun menjadi bagian dari skena punk Inggris dan menjadi salah satu band yang berpengaruh sejak itu.

Kabar kematian Pete Shelley pun membuat para musisi lain seperti Tim Burgess (The Charlatans), Norman Blake (Teenage Fanclub), dan Tracey Thorn berkabung sambil memberi ucapan bela sungkawa lewat Twitter.

[Far]

Bagikan Ini :