Buah dan Minyak Zaitun/Net

telusur.co.id-Sudah banyak diketahui secara luas mengenai manfaat buah zaitun ini, dan kini buah ini sudah amat mudah didapat di negeri kita ini, khususnya di super market ataupun di toko toko buah, baik dalam bentuk buah yang masih tampak segar maupun dalam bentuk berbagai macam minyak, di botol maupun dalam kaleng.

Begitu banyaknya manfaat buah zaitun ini, sampai dalam Al Qur’an banyak disebut tentang buah ini, ini bisa dilihat dalam surah An-Nuur, Al-An’am, Al Muminuun dan surat Abasa.

Karena berbagai manfaat untuk kesehatan, pada zaman Yunani kuno dan Roma, daun, buah dan minyak zaitun dianggap sakral (suci).

Berbagai riset buah dan minyak zaitun ini terus dikembangkan secara modern dan terungkap bahwa buah ini merupakan salah satu sumber Vitamin E dan Anti Oksidan terbaik, karenanya baik untuk kesehatan jantung. Kandungan Hydroxytyrosal ini dikenal fungsinya untuk melindungi kesehatan jantung, begitu pula dengan Oleonalica-acid dapat mencegah kerusakan hati, mengatur kadar lemak dalam darah, dan mengurangi Inflamasi; Quercetin dapat menurunkan tekanan darah.

Begitu pula dengan kandungan zat besi di dalam zaitun, penting untuk kelancaran sirkulasi Oksigen dalam darah dan juga melindungi tulang Oateoporosis, serta memliki efek anti kanker.

Berbagai riset  menunjukkan, bahwa mengonsumsinya minyak zaitun secara teratur bisa mencegah dari beragam penyakit mulai penyakit jantung hingga kanker. Sedangkan waktu yang dianggap efektif, dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur.

Inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan :

1. Mencegah dan memelihara kesehatan jantung

Seperti telah dijelaskan di atas, minyak zaitun salah satu sumber Vitamin E dan mengandung Anti Oksidan yang cukup tinggi dan Hydroxytyrosol yang berfungsi untuk memelihara dan melindungi kesehatan jantung, begitu pula kandungan Oleonalica acid yang dapat mencegah kerusakan hati, mengatur kadar lemak dalam darah, dan mengurangi inflamasi serta Quercetin menurunkan tekanan darah. dapat mencegahnya karena kandungan asam lemak sehat. 

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi menempati posisi teratas dari penyebab penyakit jantung.

Karenanya untuk mengurangi dan menstabilkannya secara proporsional, mengonsumsi 1 sendok makan minyak zaitun ini setiap hari bisa mencegah kolesterol menjadi tinggi atau menurunkan kolesterol yang tinggi.

Hal itu karena minyak zaitun bisa menghilangkan akumulasi plak di arteri, dengan melumasi dinding arteri.

3. Mencegah nyeri sendi

Minyak zaitun juga banyak mengandung pelumas alami, yang membuat sendi menjadi lentur sehingga dapat mencegah rasa sakit pada sendi.Karena sifat anti-inflamsinya juga bisa mengurangi rasa sakit pada sendi dalam batas tertentu yang dikarenakan obesitas, arthritis, usia tua, osteoporosis dam lain-lain.

4. Mencegah stroke lebih dini

Mengonsumsi minyak zaitun secara teratur diketahui dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol tinggi, maka secara tak langsung, stroke pun dapat dicegah;  karena penyakit jantung dan kadar kolesterol tinggi adalah dua penyebab utama stroke kelumpuhan.

5. Mencegah alzheimer

Alzheimer merupakan kondisi orang yang menderita kehilangan ingatan, kehilangan kognisi dan kordinasi, kehilangan ketrampilan sosial, mudah tersinggung, agresi, depresi, dan lain-lain.

Minyak zaitun dapat mencegah Alzeimer karena memiliki kemampuan untuk memberi makan sel otak dan menjaga kesehatan se otak untuk waktu yang lebih lama

6. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan.

Sel kanker mulai berkembang biak pada tingkat yang mengkhawatirkan pada bagian tubuh tertentu.

Kini, penelitian telah membuktikan bahwa minyak zaitun memiliki sifat anti-kanker sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah atau minyak zaitun untuk kesehatan, masih banyak lagi manfaatnya. Karenanya biasakanlan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur, 1 Sendok teh pada malam hari sebelum tidur.

Selamat mencoba!! [***].

Dari berbagai sumber.

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini