Wakil ketua Komisi V Sigit Sosiantomo.FOTO:Istimewa

telusur.co.id- Komisi V DPR RI, dipastikan akan memanggil Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Wakil ketua Komisi V Sigit Sosiantomo mengatakan, pemanggilan Budi, akan dilakukan pada pekan depan.

Dalam pertemuan itu, kata Sigit, komisi V, akan meminta keterangan dari sang menteri tentang kebijakan bagasi berbayar yang dilakukan maskapai Lion Air dan Wings Air.

“Pekan depan. Kita panggil Menhub untuk klarifikasi,” ucap Sigit kepada telusur. co.id, Rabu (9/1/19).

Menurut Sigit, kebijakan bagasi berbayar yang dilakukan maskapai Lion Air dan Wings Air, sudah sesuai aturan. Hanya saja, kurang adanya sosialisasi kepada calon penumpang.

“Iya. Sudah sesuai aturan. Tapi, mestinya Lion Air sosialisasi dulu ke calon penumpang. Biar nggak mengagetkan,” ungkap Sigit.

Seperti diketahui, per 8 Januari 2019. Lion Air Group mengenakan tarif untuk barang bawaan penumpang Lion Air dan Wings Air.

Dengan begitu, penumpang Lion Air tak lagi mendapatkan bagasi cuma-cuma atau gratis sebesar 20 kg.

Begitu juga dengan penumpang Wings Air yang sebelumnya mendapat bagasi gratis hingga 10 kg.

kedua maskapai tersebut dapat mengenakan biaya untuk penggunaan bagasi lantaran keduanya masuk dalam kategori kelompok pelayanan standar minimum (no frills) alias kelompok pelayanan berbasis biaya rendah.

Hal tersebut sesuai dengan Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang standar pelayanan penumpang kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Selain itu, Sebagaimana diatur dalam pasal 3, PM 185 Tahun 2015, terdapat tiga kelompok pelayanan yang diterapkan oleh masing-masing Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal yakni pelayanan dengan standar maksimum (full services), pelayanan dengan standar menengah (medium services) dan pelayanan dengan standar minimum (no frills).[ham]

Bagikan Ini :