Pelaksanaan sosialisasi mitigasi bencana oleh BPBD Kota Denpasar. FOTO: Dok. Kemenpan RB

telusur.co.id – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Nasdem, Chairul Muna merasa pemerintah menganaktirikan Komisi VIII. Soalnya, ketika membahas mengenai anggaran tanggap bencana selalu dicuekin. 

“Untuk anggaran. Saya merasa Komisi VIII dianaktirikan,” ucap Chairul dalam rapat kerja Komisi VIII dengan BNPB di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/19). 

Ia mengungkapkan, setiap Komisi VIII menyerahkan proposal mengenai anggaran mitigasi bencana selalu tidak didengarkan oleh pemerintah. 

Politikus Nasdem ini pun berharap, janji pemerintah yang akan meningkatkan anggaran pencegahan dan penanggulangan bencana, dapat benar-benar teralisasi. 

“BNPB dijanjikan angin surga mulu. Jadi kami mohon, pak Wiliam (kepala BNPB) kami tunggu hadiah dari pak Wiliam memberikan hadiah diakhir jabatannya,” ungkapnya lebih lanjut. 

Seperti diketahui, akhir-akhir ini, Indonesia menjadi negara yang sedang dirundung masalah bencana alam. Rentetan bencana kurang tertangani dengan baik karena masalah keuangan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan, bahwa anggaran mitigasi bencana tahun 2019 mengalami penurunan. 

Disebutkannya, anggaran BNPB tahun 2019 hanya Rp 610 miliar, atau Rp 90 miliar lebih rendah dari 2018 yang mencapai Rp 700 miliar. (ham)

Bagikan Ini :