Amien Rais dan Ahmad Yani / detik

telusur.co.id – Adanya kabar dugaan intervensi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly terhadap proses hukum yang menjerat musisi Ahmad Dhani membuat Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais geram.

“Saya dengar katanya memang ada campur tangan politik dari Menkumham yang sangat kentara,” kata Amien usai besuk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (31/1/19).

Mantan Ketua MPR RI itu mengultimatum menteri yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Yasonna.

Bila benar dugaan intervensi ada, ia berpesan kepada Yasonna sebagai pejabat mesti hati-hati dalam bersikap. Ia juga siap membuat perhitungan.

“Saya juga mengimbau kepada Yasonna Laoly, Anda ini menteri, Menkumham ya. Hati-hati Anda! Jangan sampai melakukan intervensi politik. Kita buat perhitungan nanti,” katanya.

BACA JUGA :  Nasdem Anggap Amein Rais Tidak Bijak

Dirinya berpesan kepada Dhani agar mencatat semua kejanggalan yang ada di dalam Rutan Cipinang.

“Mumpung bertemu, saya meminta kepada Mas Ahmad Dhani, tolong selama Anda ditahan, catat baik-baik semua kejanggalan yang ada di dalam Rutan Cipinang ini. Bukan saja yang kasat mata,” kata Amien.

Diketahui, Ahmad Dhani telah dijatuhi vonis 1 tahun 6 bulan penjara terkait kasus ujaran kebencian.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengatakan Ahmad Dhani terbukti secara sah dan bersalah, melalukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak, menyuruh, melakukan, dan menyebarkan kebencian.

BACA JUGA :  Ahmad Dhani Jadi Tersangka Di Dapil Sendiri

“Terdakwa Ahmad Dhani terbukti bersalah dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian,” kata ketua Hakim Ketua Ratmoho dalam sidang, Senin (28/1/19).

Dalam sidang vonis, Ahmad Dhani terbukti melanggar pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Seusai menerima vonis, Dhani langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur. Hakim, memerintahkan Ahmad Dhani untuk langsung ditahan. [ipk]

Like :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini