Salah satu petugas Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin saat memberikan penjelasan kepada CHJ Banjarmasin tentang tata cara pembuatan paspor. Dok: telusur.co.id

telusur.co.id- Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Banjarmasin akan membuka pelayanan pembuatan dan penerbitan dokumen negara paspor untuk Calon Jemaah Haji (CHJ) embarkasi Banjarmasin.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah, untuk memberikan pelayanan kepada CHJ asal Kalimantan Selatan yang akan berangkat ke tanah suci, pihak nya akan membuka pelayanan di hari Sabtu dan Minggu atau week end day.

“Insha Allah, kantor Imigrasi Banjarmasin sudah siap melakukan pembuatan dan penerbitan paspor bagi CHJ disaat tidak bekerja atau sibuk yakni hari Sabtu dan Minggu dan sebanyak 150 CHJ yang bisa dilayani pertiap hari nya,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah, usai kegiatan pengarahan pembuatan paspor kepada CHJ asal kota Banjarmasin, di aula Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu (30/1) pagi

Dipilihnya hari Sabtu dan Minggu, jelas Syahrifullah supaya juga tidak mengganggu pelayanan masyarakat yang melakukan pendaftaran pembuatan paspor secara online.

“Dengan motto melayani bukan dilayani, inilah yang dilakukan pihak kantor Imigrasi Banjarmasin saat ini, sehingga masyarakat tidak terbebani dalam pembuatan paspor,” jelas Syahrifullah.
Dimana, tambah Syahrifullah, layanan pembuatan paspor bagi CHJ juga bisa dilakukan di Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai Hulu Sungai Tengah, namun pelayanan disini hanya buka setiap hari kerja yakni Senin hingga Jumat atau jam kerja normal.

“Di ULP Barabai ini melayani CHJ yang berasal empat kabupaten yakni Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong,” papar Syahrifullah.

Sambil menunggu pemberkasan lengkap dari Kementerian Agama Kabupaten dan Kota seluruh Kalimantan Selatan, Syahrifullah menjelaskan bahwa sudah Kota Banjarbaru yang telah lengkap memasuk kan data sehingga tinggal dilakukan input data dan input yang lainnya.

“Untuk CHJ Kota Banjarbaru telah lengkap berkas yang masuk, dan untuk perekaman data direncakanan dalam minggu kedua bulan Februari 2019,” pungkas Syahrifullah. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini