Ilustrasi/Net

telusur.co.id – Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Kalimantan Barat, mencermati maskapai penerbangan yang sejak awal tahun ini menjual tiketnya dengan memaksimalkan harga batas atas.

Demikian disampaikan Ketua Asita Kalimantan Barat, Nugroho Henray Ekasaputra, di Kota Pontianak, Kalbar, Sabtu (12/1/19).

Menurut dia, tingginya harga tiket pesawat akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatan, baik lokal maupun internasional.

“Sejak awal tahun ini harga tiket memang mulai dirasakan tinggi. Maskapai kita lihat dalam menjual tiket memaksimalkan harga batas atas. Itu tentu mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai daerah di Nusantara atau wisatawan asing ke pejuru wilayah negara kita,” kata dia.

BACA JUGA :  Penumpang Pesawat Dilarang Bawa Power Bank

Padahal, 60 persen aktivitas orang ingin berwisata dipengaruhi oleh harga tiket pesawat. Bila harga tiket tinggi, kata dia, tentu orang akan berpikir ulang untuk berwisata.

Kalimantan Barat misalnya, biasa ramai dikunjungi wisatawan saat kegiatan keagamaan atau hari besar. Mahalnya harga tiket telah membuat wisatawan mengurungkan niatnya untuk berwisata ke Kalimantan Barat.

“Untuk Cap Go Meh saja sudah ada tamu kami yang membatalkan ke Singkawang karena biaya transportasinya sangat tinggi,” katanya.

Bukan tidak mungkin, kondisi ini pula yang akan memengaruhi target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia maupun kunjungan wisatawan Nusantara ke berbagai daerah.

BACA JUGA :  Wapres JK Paham Alasan Maskapai Penerbangan Naikkan Tarif Tiket

Ia menganggap target kunjungan wisata Nusantara dan 20 juta wisatawan mancanegara sukar tercapai jika harga tiket pesawat tinggi.

Selain tiket, penghapusan bagasi gratis oleh sejumlah maskapai penerbangan juga akan mempengaruhi minat wisatawan membeli produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Maka dari itu, sebagai pemberi jasa perjalanan, pihaknya meminta pemerintah mempertimbangkan dan memerhatikan hal-hal tersebut terkait peningkatan kunjungan wisatawan. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini