telusur.co.id – Guna mengisi malam pergantian tahun serta libur nasional, warga masyarakat Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, memadati kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar, Selasa (01/01) kemarin.

Maklum saja, Tahura Sultan Adam merupakan salah satu tempat wisata alam andalan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dan merupakan tujuan favorit masyarakat.

Menurut Iriyanto, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Tahura Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar, antusias pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru Kalimantan Selatan dan sebagian Kalimantan Tengah ini, untuk melihat beberapa ekowisata yang ada di dalam pusatnya Tahura Sultan Adam seperti Plaza Tahura, Habituasi binatang seperti Rusa, Landak, Beruang Madu dan tempat bermain anak.

“Tidak hanya itu saja, beberapa lokasi eksotik, seperti beberapa air terjun seperti Mandin Putri, Mandin Tirai Hujan, Mandin Putri Kembar, Kolam Belanda, Puncak Tengger, Pesanggrahan dan Puncak Reviter ramai juga dikunjungi masyarakat,” ujar Iriyanto.

Sehingga, jelas Iriyanto, penuhnya kawasan Tahura Sultan diperkirakan pihaknya ada ribuan masyarakat yang berkunjung baik bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja.

“Dari pantauan kami di lapangan, alhamdulillah jumlah kunjungan ke Tahura Sultan Adam mencapai ribuan pengunjung yang datang,” jelas Iriyanto.

Dimana, tambah Iriyanto dalam lonjakan jumlah pengunjung ke Tahura Sultan Adam, masyarakat banyak memilih ketempat di puncak reviter untuk mengisi malam pergantian tahun 2019, hal ini dipilih lantaran tempat tersebut karena tempatnya di puncak yang aman tenang dan bersahabat.

Kemudian, saat memasuki hari Selasa (01/01) pengunjung lebih dominan berada Plaza Tahura untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat.

“Saat terjadi lonjakan pengunjung, kami juga tidak bosan bosannya  mengingatkan kepada pengunjung untuk mentaati segala aturan yang ada seperti jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mematikan mesin motor saat menurun dari puncak,” tambah Iriyanto.

Sementara itu, Desy salah seorang pengunjung  dari Kuala Kapuas Kalimantan Tengah  mengatakan, sangat puas dengan spot spot wisata yang tersedia dikawasan Tahura Sultan Adam khusunya puncak tengger karena pemandangannya yang eksotis.

“Lokasi nya membuat kami terkesan dan ingin kesini lagi, yang pasti kami akan kembali ke Tahura Sultan Adam pada waktu dan kesempatan yang akan datang,” jelas Desy singkat. (ham)

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini