telusur.co.id- Kementrian Pariwisata (Kemenpar) mendorong pengembangan pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri) dengan target 3,5 juta wisatawan di tahun ini. Hal tersebut dalam rangka persiapan menyambut puluhan event pariwisata yang digelar di Kepri.

“Saya berharap target besar tersebut dapat tercapai, dengan catatan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpar dapat bersinergi secara maksimal dengan pemerintah daerah maupun masyarakat setempat,” kata Calon Anggota DPD RI Dapil Kepri, Mustofa Widjaja kepada wartawan, Senin (14/1/19).

“Selama ini wisatawan mancanegara terpusat ke Batam untuk belanja dan rekreasi dengan rentan waktu kunjungan singkat satu atau dua hari diakhir pekan. Optimalisasi destinasi di Kepri belum maksimal perlu didorong untuk meningkatkan pariwisata,” sambungnya.

Dijelaskan Mustofa, berdasarkan capaian tahun lalu dengan event pariwisata yang banyak, jumlah wisatawan belum mampu mencapai target.

Mantan ketua BP Batam memberi masukan, pelibatan masyarakat itu sangat penting. Karena, diharapkan, kejadian Festival di Pulau Penyengat 2018 terulang kembali, dimana semuanya di take over pemerintah pusat tanpa melibatkan masyarakat. Akibatnya, event yang seharusnya menarik banyak wisman, malah tidak maksimal.

“Kita semua punya visi sama menjadikan Kepri sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, untuk mencapai hal tersebut perlu kerjasama semua pihak dengan melibatkan masyarakat hal tersebut yang ingin saya dorong kedepan,” tandasnya. [Ham].

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini