Foto:ilustrasi

telusur.co.id- Fenomena Super Moon merupakan fenomena alam dimana bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi dan fenomena ini selalu terjadi pada saat bulan sedang dalam fase purnama.

Karena jarak antara Bumi dan Bulan lebih dekat, maka bulan akan terlihat lebih besar daripada biasanya sehingga kita bisa mengamatinya lebih jelas lagi, posisi bulan akan berada dalam jarak 363.300 kilometer dari Bumi.

Pada saat itu, bulan akan tampak lebih besar sekitar 14 % dari ukuran biasanya. Fenomena Super Moon yang akan terjadi pada purnama di bulan Februari 2019 disebut sebagai Super Snow Moon.

BACA JUGA :  Hujan Lokal dan Sedang akan Mengguyur Sebagian Wilayah Ibu Kota

Press releas yang beredar dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menginformasikan akan adanya fenomena super snow moon pada 19 Februari 2019 malam.

” Fenomena super snow moon sangat mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia, terutama di pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur dan pesisir Kalimantan Barat “, kata Iis.

Hal tersebut dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

BACA JUGA :  BMKG: Waspada Peningkatan Curah Hujan Akhir Februari

Untuk itu BMKG juga mengingatkan pada masyarakat yang berada dan tinggal di kawasan pelabuhan dan pesisir diminta untuk waspada serta siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena alam Super Snow Moon. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini