Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo / Net

telusur.co.id – Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Kabinet Joko Widodo itu mengeluarkan pernyataan yang kontroversial, dengan menyebut Dana Desa ada berkat Presiden Jokowi.

Ucapan politikus PDIP itu pun menuai banyak kecaman dari berbagai kalangan. Sebab, dana desa adalah amanat UU yang lahir di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, kala itu, PDIP sempat menolaknya.

Terkait ucapan Tjahjo, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade mengingatkan agar menteri-menteri Jokowi jangan melakukan kampanye terselubung, dengan menggunakan anggaran negara.

Ia pun menilai ucapan Tjahjo adalah pelanggaran pemilu, karena jabatannya sebagai Menteri Dalam Negeri.

“Dia memanfaatkan jabatan sebagai pejabat negara melakukan mobilisasi kepala desa dan mempromosikan Jokowi, yang notabene peserta pemilu,” kata Andre dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (22/2/19).

BACA JUGA :  PDIP Tunggu Cuaca Cerah Umumkan Cawapres Jokowi

Andre pun menilai pernyataan Tjahjo di hadapan para kepala desa adalah kabar bohong seolah dana desa berasal dari Jokowi dan bukan berasal dari negara.

“Kita tahu dana desa ini kan perintah UU. Ada UU sejak tahun 2014, bahwa siapa pun presiden harus melaksanakan dana desa ini,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Dana desa, lanjutnya, bukan bersumber dari kantong Presiden. Sedangkan besaran dana desa, merupakan kesepakatan antara pemerintah dengan DPR.

“Dana desa adalah dana APBN, dana rakyat, bukan dana pribadi Jokowi. Pak Tjahjo sebaiknya berhenti melakukan kebohongan,” kata Andre.

Diberitakan sebelumnya, nama Joko Widodo menggema dalam Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019, di Gedung Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/2/19).

BACA JUGA :  Kelakuan Menteri Perdagangan Harus Ditertibkan

Ribuan kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) meneriakkan nama Jokowi.

Teriakan itu bukan berasal dari inisiatif para kepala desa, melainkan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Awalnya, Tjahjo meminta seluruh kepala desa yang hadir untuk berdiri. Kemudian ia mengajarkan yel-yel.

“Kalau saya bilang Dana Desa, jawab Pak Jokowi,” kata Tjahjo kepada kepala desa yang hadir.

“Dana Desa,” teriak politkus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

“Pak Jokowi,” jawab para kepala desa.

Tjahjo kemudian mengingatkan kepada para kepala desa jika anggaran dana desa ada karena Jokowi. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini