Ilustrasi / Ist

telusur.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Muslim mengakui ada 5 orang warga terdata meninggal dunia akibat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Dimana 5 orang warga ini, merupakan 3 adalah warga dari Kota Banjarbaru sedangkan 1 dari warga Kabupaten Tanah Laut dan 1 lagi dari Kabupaten Tapin.

“Berdasarkan data hingga awal Februari 2019 ini, sudah ada 5 warga yang dilaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan meninggal dunia akibat demam berdarah,” ujar Muslim, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan.

Dimana, jelas Muslim juga berdasarkan data yang masuk dari 13 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan, di bulan Januari tercatat 357 kasus, dan bulan Februari 2019 menjadi 508 kasus atau meningkat 150 kasus yang menderita penyakit akibat gigitan nyamuk aedes aegypti ini.

“Sampai saat ini daerah Kota Banjarbaru masih tertinggi dengan 110 kasus, disusul Kabupaten Tabalong 76 kasus, kemudian 50 kasus di Kabupaten Banjar, lalu 44 kasus di Kabupaten Hulu Sungai Utara,” jelas Muslim.

Namun, tambah Muslim meskipun sudah terdata 5 warga masyarakat yang meninggal dunia dan meningkatnya kasus DBD di Kalimantan Selatan, pihaknya belum menyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Karena insiden DBD masih belum memenuhi kriteria, Kalimantan Selatan belum masuk KLB, namun kami dari pihak Dinas Kesehatan tetap melakukan pemantauan dan penyuluhan kepada masyarakat,” papar Muslim.

Untuk itulah, dengan meningkatnya kasus DBD saat ini, pinta Muslim pihak nya meminta masyarakat Kalimantan Selatan untuk terus menerapkan hidup sehat dengan cara 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat berkembang biaknua jentik nyamuk Aedes Aegypti untuk mencegah wabah DBD.

“Mudah – mudahan masyarakat Kalimantan Selatan untuk dapat menerapkan hidup sehat dan selalu menjaga lingkungan,” pinta Muslim. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini