Gedung Dewan Pers / telusur.co.id

telusur.co.id – Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Pers, Jimmy Silalahi mengatakan insan pers memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan pemilu 2019.

Pers juga bisa menjadi penentu kualitas Pemilu 2019 melalui pemberitaan yang berkualitas sesuai dengan etika jurnalistik.

Karenanya, ia mengharapkan, pers harus menyajikan berita-berita yang berkualitas kepada publik. Caranya, dengan mengacu etika jurnalistik dan bijaksana dalam memproduksi berita menjelang Pemilu 2019.

Pernyataan itu disampaikan dalam lokakarya Pemilu 2019 bertajuk “Masyarakat Pers Mengawal Pemilu yang Demokratis dan Bermartabat” di Yogyakarta, Kamis.

BACA JUGA :  PWI Akan Bentuk Tim Pencari Fakta Kematian Wartawan Yusuf

Jimmy menerangkan, melalui pemberitaan yang sesuai dengan etika jurnalistik, masyarakat akan terbantu untuk memutuskan pilihan secara cerdas pada pemilu mendatang sehingga akan menghasilkan pemilu yang berkualitas, melainkan juga hasil pemilu yang berkualitas.

Karena memegang peran menentukan kualitas pemilu, awak media juga harus memegang prinsip imparsialitas atau tidak berpihak dalam memberitakan berbagai aspek mengenai dua pasangan calon presiden/wakil presiden.

“Media jangan sampai ‘berselingkuh’ terhadap partai politik atau pasangan calon tertentu. Selain itu, juga jangan sampai memuat kampanye terselubung melalui pemberitaan,” katanya.

BACA JUGA :  TKN Laporkan Indopos ke Dewan Pers

Lokakarya tentang pemilu yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu diikuti ratusan peserta yang terdiri atas mahasiswa dan insan pers di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini