Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerinda, Ahmad Riza Patria / telusur.co.id

telusur.co.id – Angka Golput atau dengan kata lain mereka yang mempunyai hak pilih namun tidak menggunakan hak pilihnya, di Pemilu 2019 tidak akan meningkat dibanding Pemilu 2014.

Keyakinan Golput di Pemilu 2019 tidak besar, sebagaimana disampaikan Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerinda, Ahmad Riza Patria dalam diskusi Empat Pilar MPR, “Potensi Golput di Pemilu 2019” di Media Center MPR/DPR/DPD RI, gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/2/19).

Alasan Golput tidak sebanyak 2014, lantaran pada pemilu kali ini dilakukan secara serentak, Pileg dan Pilpres.

BACA JUGA :  Ketua DPR Letakkan Batu Pertama Pembangunan UNPERBA

“Dibandingkan Pilkada, Pileg dan Pilpres maka Golput lebih tinggi pada Pilpres. Sekarang Pileg dan Pilpres serentak, saya meyakini masyarakat punya kepedulian dengan adanya Pileg dan Pilpres secara serentak,” kata dia.

Selain itu, dirinya melihat saat ini masyarakat semakin peduli pada demokrasi. Karena itu, ia menduga Golput tidak akan besar, malah bisa turun karena Pileg dan Pilpres dilakukan serentak.

Selain itu, Tim Sukses pasangan capres-cawapres, juga caleg, akan menggiring konstituen dan kelompok masyarakatnya untuk berpartisipasi dalam pemilu. Media sosial juga banyak berpengaruh.

BACA JUGA :  DPR Minta Satgas Pangan Polri Selidiki Kebocoran Gula Rafinasi

“Milenial yang jumlahnya 35-40 persen dari jumlah pemilih mulai melek politik. Pemilih pemula yang sebelumnya tidak mengerti dan tidak tahu politik akhirnya menjadi melek dan peduli politik,” katanya. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini