Manajer Riset Charta Politika, Muslimin Tanja. Foto: telusur.co.id/Noor Muhammad Ikhlas R.

telusur.co.id – Lembaga survey Charta Politika Indonesia tak hanya mengeluarkan hasil survey terbaru mengenai peta dukungan partai politik di DKI Jakarta, tetapi juga para calon anggota legislatif yang bersaing di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Dari data yang didapat Charta Politika, caleg yang terpilih ada dari muka lama, ada juga yang muka baru. Hal itu didapat dari simulasi perolehan kursi partai politik dengan metode sainte lague.

“Simulasi Kertas Suara DPR RI : Perolehan Suara Partai dan Calon Anggota Legislatif (1),” ungkap Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Untuk dapil DKI 1, Muslimin mengatakan yang kemungkinan mendapatkan suara adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 11,8 persen. PKB dapat satu kursi atas nama Imam Nahrowi. Partai Gerindra mendapatkan 14,1 persen suara. Kemungkinan mendapatkan dua kursi yakni Habiburrockam satu kursi lagi diperebutkan oleh Asril Tanjung, Laviona Barreta dan Didi Suprijadi karena persentasenya sama.

BACA JUGA :  Charta Politika: Fungsi Pegawasan DPR Dinilai Publik Paling Optimal

PDIP meraih 13,4 persen suara kemungkinan dapat satu kursi. Dimiliki oleh Putra Nababan. Lalu, Partai Golkar 6,2 persen, satu kursi atas nama Bambang Atmanto, terakhir PAN 4,3 persen suara. Didapati oleh Eko hendro purnomo.

Dapil DKI 2, PKB meraih 5,0 persen, diprediksi dapat satu kursi. Diperebutkan antara Imam Subali dengan Ahmad Iman karena persentasenya sama. Gerindra meraih 26,6 persen yang dipegang oleh Biem Benjamin, Himatul Aliyah dan Yora Lovita. PDIP meraih 22,3 persen yang kemungkinan terpilih Eriko Sotarduga, dan Masinton Pasaribu. Kursi terakhir adalah PKS 8,4 persen. Didapat oleh Hidayat Nur Wahid.

BACA JUGA :  Sindiran ke Pendukung Petahana, Yunarto: Nyinyir Nggak Nambah Suara Junjungan Anda

Dapil DKI 3, Partai Gerindra akan mendapatkan dua kursi atas nama Saraswati Djojohadikusumo dan Kamrussamad karena Gerindra meraih 20,1 persen. PDIP mendapatkan 27,0 persen dan akan mendapatkan tiga kursi. Dipegang oleh Darmadi Durianto, Charles Honoris dan Pulung Agustan. Partai Golkar 5,5 persen atas nama Andi Rukman Nurdin. PKS 4,8 persen dipegang oleh Adang Darajatun. Terakhir, PAN meraih 5,9 persen oleh Lulung Lunggana.

Seperti diketahui, survey mengambil sampel 800 responden di setiap daerah pemilihan, melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Survei dilaksanakan pada tanggal 18 Januari -25 Januari 2019, margin of error dari survei di tiap-tiap daerah pemilihan +/- 3,4%. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini