telusur.co.id- PSSI terus melakukan terobosan di area pendidikan pelatih. Kali ini pada kursus pelatih lisensi AFC Pro modul enam menghadirkan Instruktur Footbal Fitness dari Spanyol. Mereka adalah Miguel Gomila dan Antonio Alvarez, keduanya selama seminggu menempa para pelatih AFC Pro di kota Batu pada 19 Februari-5 Maret 2019.

Para pelatih asal RCD Mallorca ini memberikan pengetahuan tentang pendekatan latihan fisik moderen yang berbasis model permainan. Pada bagian awal coach Miguel Gomila mengajak peserta untuk mengenal ragam model permainan juga mengajarkan pentingnya struktur dan fungsi didalam model permainan tersebut. Selain itu, para pelatih diminta untuk mendeskripsikan dimensi struktural dan fungsional pada berbagai filosofi permainan sepakbola.

“Kunci dari analisa permainan untuk memenangkan pertandingan adalah menskenario struktur melawan struktur dan fungsi melawan fungsi. Inilah keunggulan dari modul enam AFC Pro License kali ini,” kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

Bagian berikutnya peserta diajarkan tentang periodesasi latihan berdasarkan teori tactical periodisation karya Prof. Vitor Frade (FC Porto) dan teori Microstructuration karya Paco Seirul Lo (FC Barcelona). Kemudian coach Miguel Gomila memberikan berbagai contoh praktis periodisasi mingguan dengan contoh pengalamannya saat menjadi pelatih fisik di RCD Espanyol dan Rubin Kazan. Berdasarkan kedua teori dan pengalaman coach Miguel Gomila tersebut, peserta kemudian diminta untuk mengembangkan model periodesasinya masing – masing.

“Selama ini kami membuat periodesasi hanya mempertimbangkan aspek fisik. Sekarang kami baru paham bahwa membuat periodisasi perlu mempertimbangkan banyak aspek, terutama aspek taktik,” kata salah satu pelatih yakni Bambang Nurdiansyah, dilansir dari laman resmi PSSI.

Praktek lapangan menjadi pamungkas dari modul Football Fitness ini. Coach Miguel Gomila berbagi ilmu dengan mempraktekan aktivasi dan recovery menggunakan Foam roller. Di samping itu Direktur Metodologi RCD Mallorca ini juga mengevaluasi praktek latihan prinsip besar, sub prinsip dan sub-sub prinsip. Ia memberikan berbagai tips untuk bisa menyajikan latihan pengembangan model permainan yang menyentuh aspek fisik, kognitif, sosio afektif dan emosional.

“Rasanya ilmu yang kami dapatkan selama seminggu ini begitu banyak, melebihi ilmu yang kami dapatkan dari kursus – kursus sebelumnya, “tambah pelatih Iwan Setiawan yang saat ini menjadi Direktur Akademi tim Madura United.

Tingginya kualitas pengajaran dalam modul Football Fitness AFC Pro License kali ini merupakan bagian dari komitmen PSSI untuk meningkatkan kualitas pelatih – pelatih papan atas Indonesia. Dimana sejak 2 tahun terakhir ini, PSSI menggenjot peningkatan kualitas pelatih nasional dengan mengadakan berbagai kursus, workshop dan seminar kepelatihan. Harapannya, tentu meningkatnya kualitas pelatih akan meningkatkan kualitas pemain dan kompetisi yang berujung pada peningkatan kualitas Tim Nasional Indonesia.[tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini