HTI / Net

telusur.co.id – Kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) atas keputusan pembubaran organisasi oleh pemerintah, ditolak Mahkamah Agung (MA).

Dengan demikian, sesuai Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan maka HTI tetap dibubarkan.

“Memutuskan menolak kasasi,” demikian amar putusan yang diunggah di situs MA, Jumat kemarin.

Terkait penolakan perkara kasasi HTI bernomor 27 K/TUN/2019, yang resmi diputus pada hari, Kamis (14/2/19), Kabiro Hukum dan Humas MA Abdullah membenarkannya.

Disampaikan Abdullah, Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi dari pihak HTI. Pada dasarnya, membenarkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara yang membenarkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta.

BACA JUGA :  Dibubarkan PTUN, HTI Disarankan Lakukan Banding

“Menurut Mahkamah Agung sudah harus dibubarkan karena itu tidak sesuai dengan falsafah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila,” kata Abdullah seperti dikutip BBC News Indonesia, Sabtu (16/2/19).

Pemerintah membubarkan HTI pada 19 Juli 2017 lalu, dengan mencabut status badan hukum Ormas tersebut. HTI dinilai tidak menjalankan asas, ciri dan sifat ormas yang termaktub dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas), yaitu “tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945”.

HTI juga disebut mendakwahkan doktrin negara berbasis kekhilafahan kepada para pengikutnya. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini