Foto:Dok HUmas Bakamla

telusur.co.id- Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R. melakukan Courtessy Call atau Kunjungan Kehormatan ke Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Uni Emirates Arab Husin Bagis, di sela-sela kegiatan IDEX dan NAVDEX di Kedutaan Besar RI untuk Uni Emirates Arab di Abu Dhabi, Senin (18/2/2019).

Kepala Bakamla mengatakan, selain untuk menghadiri IDEX dan NAVDEX di Abu Dhabi, kunjungan itu juga dimaksudkan untuk menjalin kerja sama dengan Combined Maritime Forces (CMF) di Bahrain, serta melakukan pertemuan Bilateral dengan Bahrain Coast Guard dan UEA Coast Guard.

Lebih lanjut Laksdya Taufiq juga menyampaikan rencana pertemuan bilateral Bakamla dengan Bahrain Coast Guard dan UEA Coast Guard, dimana akan membahas topik seputar isu-isu strategis, khususnya pertukaran informasi dan saling dukung dalam rangka penciptaan keamanan regional di Asia. Diungkapkannya pula bahwa tahun lalu Bakamla telah mendukung Bahrain CG untuk menjadi anggota tetap HACGAM dan selanjutnya akan mengusulkan agar UEA CG juga dapat menjadi anggota HACGAM.

BACA JUGA :  Bakamla RI Terus Jalin Sinergitas dengan Pertukaran Informasi

Dalam perbincangan yang berlangsung dalam suasana hangat tersebut, Kepala Bakamla menyampaikan pentingnya pertukaran informasi dengan sesama instansi penegak hukum regional. Diceritakannya tentang pengalaman dalam rangka operasi penyelamatan MV. Sinar Kudus di Somalia, dimana kunci keberhasilan operasi salah satunya yaitu pertukasan informasi dengan para penegak hukum regional seperti Combined Maritime Forces (CMF) di Bahrain dan negara-negara sekitar. Maka dari itu, sebagai pimpinan tertinggi Bakamla, Laksdya Taufiq berencana akan menjalin kerja sama antara Bakamla dengan CMF dan Coast Guard-Coast Guard di wilayah regional.

BACA JUGA :  Bakamla Segera Luncurkan Pojok Baca Bersama Perpusnas

Turut hadir dalam pertemuan ini yaitu Ny. Ina Dwianasari Komar; kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah; Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR, Athan RI untuk Saudi Arabia merangkap UEA Mayor Czi Bagus Alimada, serta Mayor Bakamla Lisa Yunitstyanti dan Sertu Bakamla Anisa Nur Rahmaniyah.[sbk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini