Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.Foto:Istimewa

telusur.co.id – Kerja luar biasa yang dilakukan pemerintah selama empat tahun terakhir seolah tak berarti apa-apa karena dipatahkan begitu saja oleh berita bohong alias hoaks

Begitu dikatakan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dalam sambutannya di Rakornas Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/19).

Dia menjelaskan, banyak fitnah yang diarahkan kepada pemerintah oleh pihak tertentu dan melakukannya dengan konsisten menggunakan berita hoaks.

“Pemerintah sudah bekerja luar biasa, tapi hanya dipatahkan dengan hembusan berita yang tidak jelas, berita bohong, fitnah,” ujar Moeldoko.

BACA JUGA :  PAN Bantah 'Dibeli' Rp 500 Miliar Oleh Sandiaga

“Ada berita yang paradoks, dengan mudahnya berita dilempar, padahal tidak sesuai dengan kenyataan,” tambahnya.

Moeldoko menjelaskan, dengn hoaks yang disenburkan secara konsisten dan secara terus menerus, maka terjadilah yang namanya post truth, dimana yang lebih dikedepankan adalah emosi, bukan kebenaran. 

“Kebenaran tidak menjadi penting, pembenaran dikedepankan,” ungkapnya.

Selai itu, Moeldoko juga menjelaskan apa itu istilah Firehouse of Falsehood. Menurutnya, Firehouse of Falsehood adalah cara yang menggunakan berita bohong untuk membangun rasa takut. Tujuannya ialah menciptakan kondisi ketidakpastian dan sikap ragu-ragu.

BACA JUGA :  HP Ulama Disita, Jubir Presiden: Protokolernya Begitu

Mereka yang terdampak akan mengira berita bohong tersebut adalah sebuah kebenaran.

“Karena ini disemburkan terus-menerus dan konsisten, maka sebagian besar kita kehilangan logika dan menyatakan itu benar. Ini sungguh berbahaya. Presiden mendengar keluhan masyarakat tiap pagi, tapi dengan semburan berita bohong bertubi-tubi, musnah dan hilang,” ujarnya.

Karenanya, dia mengimbau semua pihak tidak tinggal diam menghadapi hal itu. Bila tidak dicermati dan diantisipasi mulai sekarang, maka bagaimanapun kerja pemerintah saat ini, tidak akan dianggap oleh mereka yang terpapar semburan hoaks tersebut. (ham)

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini