telusur.co.id-  Manajemen Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) bakal melakukan uji publik terkait rencana penyaluran dana bergulir syariah secara langsung ke pelaku usaha mikro. Uji publik ini bakal menghadirkan para expert, pelaku usaha hingga pemerintahan lintas sektoral untuk membedah draft payung hukum penyaluran dana bergulir dengan pola syariah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo mengatakan, selama ini penyaluran dana bergulir secara langsung hanya bisa dilakukan dengan pola konvensional. Sementara, skim syariah masih belum memungkinkan, karena terkendala oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 75 tahun 2011.

BACA JUGA :  Jika PMK No. 75/2011 Diubah, LPDB KUMKM Bakal Bisa Langsung Biayai UMKM

“Regulasi sedang kita siapkan dalam bentuk Permenkop. Mudah – mudahan tanggal 26 (Februari) udah  bisa diselesaikan. Minggu depan bersama-sama dengan tim pengarah dan lainnya kita harap segera ada peraturan Koperasi yang baru. Sehingga kita bisa langsung salurkan dana bergulir (syariah) kepada pelaku usaha kita,” kata Braman dalam konferensi pers di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (22/2/19).

LPDB KUMKM tahun ini menargetkan dana bergulir yang disiapkan sebesar Rp1,5 triliun. Diharapkan dari target tersebut sebanyak Rp975 miliar terserap dengan skema konvensional. Sementara, sisanya sebesar Rp525 miliar, terserap dengan skema syariah. 

BACA JUGA :  Kemenkop Gandeng BNI dan Perumnas Bangun Perumahan ASN

Dikatakannya, target payung hukum penyaluran dana bergulir dengan pola syariah secara langsung ke pelaku usaha ini bisa diimplementasikan pada semester II 2019. Diharapkan dengan adanya landasan payung hukum ini nantinya pelaku usaha bisa secara langsung mengakses pembiayaan ke LPDB sehingga dapat mendorong peningkatan usahanya. 

“Setelah uji publik nanti, tidak lama kemudian akan dilaporkan ke Menteri (Menteri Koperasi dan UKM) agar bisa ditandatangani dan bisa segera dilakukan penyaluran ke pelaku usaha mikro,” tandas Braman.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini